Arafah Siap Terima Jemaah

   •    Selasa, 22 Sep 2015 12:47 WIB
haji 2015
Arafah Siap Terima Jemaah
Suasana wukuf di Arafah. Foto: MI/Adam Dwi.

Metrotvnews.com, Mekkah: Arafah sudah siap menerima jemaah haji dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia. Berbagai fasilitas yang diperlukan jemaah untuk menjalankan puncak haji sudah siap, baik tenda maupun perangkat pendukungnya.

“Kita sudah melihat Arafah. Insya Allah sudah masuk ke 99 persen. Besok sudah siap menerima jemaah haji kita,” kata Kepala Satuan Operasional Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina) Letkol Abu Haris usai memantau kesiapan Arafah, Senin (21/9/2015) waktu Arab Saudi. Ikut dalam pemantauan itu para Kepala Sektor serta Kepala Seksi dan Pelaksana Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Mekkah.

Haris memerinci, karpet sudah terpasang merata. Air di kamar mandi sudah mengalir. Seluruh water cooler sudah berfungsi. Tenda-tenda juga sudah dibagi kloter pe kloter. Haris berharap, itu semua cerminan kesiapan maktab menyambut jemaah haji.

Jemaah haji Indonesia mulai bergerak secara bertahap ke Arafah Selasa (22/9/2015) hari ini pukul 08.00 waktu setempat dari pemondokan. Menurut Haris, pihaknya akan menyediakan 20 bus setiap maktab yang akan membawa  3.000 jemaah. 

“Kalau 1 bus kapasitasnya 50 jemaah, maka sekali pemberangkatan akan terbawa 1000 jemaah, sehingga jemaah satu maktab akan diangkut dalam tiga trip,” tuturnya. 

Terkait urutan keberangkatan, setiap maktab sudah melakukan undian. Karenanya, Haris meminta agar para ketua kloter bisa menginformasikan kepada jemaah tentang urutan keberangkatan mereka. Dengan mengetahui urutan keberangkatannya, maka jemaah bisa menyesuaikan agenda pergerakannya.

“Misal kebetulan urutan pertama, maka dia akan membawa bekal untuk makan siang karena pemerintah baru menyediakan katering pada tanggal 8 waktu malam hari. Kalau mereka datang pagi, sudah membawa bekal makanan yang cukup," tuturnya.

Kalau berangkat sore, jemaah tidak perlu tergesa-gesa mengenakan kain ihram. Mungkin habis Duhur baru mandi lalu mengenakan ihram. Tidak harus mengenakan ihram dari pagi lalu berangkatnya sore. Dengan kepastian informasi seperti itu, Haris berharap jemaah lebih tenang menuju kegiatan puncak ibadah haji: wukuf di Arafah. (MCH)



(DOR)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA