CFO BUMN Berkumpul di Pertamina

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 22 Sep 2015 16:01 WIB
bumn
CFO BUMN Berkumpul di Pertamina
Menteri BUMN Rini Soemarno saat menghadiri CFO Forum. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para Chief Financial Officer (CFO) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini bertemu untuk bertukar pikiran dan pandangan dalam Forum CFO BUMN terkait kondisi aktual ekonomi nasional dan strategi solutif BUMN.

Forum CFO BUMN merupakan bentuk dukungan terhadap program sinergi seluruh perusahaan pelat merah di Indonesia. Forum ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi para CFO BUMN untuk saling melakukan pertukaran informasi dan pandangan, serta melaksanakan diskusi pembahasan terhadap berbagai isu dan perkembangan seputar finansial.

"Dalam forum ini, para CFO diharapkan juga saling berbagi ide dan inisiatif sehingga bisa melakukan lebih dari sekedar fungsi seperti yang dilakukan saat ini yaitu treasury, reporting, tax, dan budgeting. Namun juga aktif melakukan penambahkan proses bisnis yang mengarah kepada efisiensi, menerapkan manajemen risiko yang prudent dan sebagai mitra strategis Board Of Director dalam menentukan arah perusahaan," kata Ketua Forum CFO BUMN, Ari Askhara Danadiputra, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Selain itu, Ashkara mengatakan dalam menghadapi volatilitas mata uang yang tinggi seperti saat ini, para CFO diharapkan tetap melakukan aktivitas lindung nilai (hedging) yang terukur dan didasari risk management assesment yang prudent.

Menurutnya, dalam situasi ekonomi yang cukup menantang kali ini, CFO BUMN dituntut untuk semakin meningkatkan profesionalisme sehingga dapat memberikan nilai lebih bagi para stakeholder.

"Jadi, sebagai motor penggerak perekonomian dan agen pembangunan, BUMN mesti bersatu-padu dan meningkatkan sinergi," tambah Ashkara.

Termasuk bagaimana menerapkan program-program cost efficiency dan cost leadership sehingga dapat menjadikan fokus bagi para CFO untuk memastikan BUMN dapat bertahan, bahkan bisa mengambil momentum dalam perlambatan ekonomi seperti saat ini.


(AHL)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA