Busyro Muqoddas: Gayus 60 Kali Keluar Tahanan

Patricia Vicka    •    Selasa, 22 Sep 2015 16:45 WIB
gayus tambunan
Busyro Muqoddas: Gayus 60 Kali Keluar Tahanan
Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mantan Ketua KPK (2010-2011), Busyro Muqoddas menilai peristiwa tersebarnya foto Gayus Tambunan saat makan di sebuah restoran adalah tamparan besar bagi Kementerian Hukum dan HAM.

Pasalnya, mantan pegawai pajak itu kerap keluar-masuk lembaga pemasyarakatan saat menjalani hukuman. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly harus membenahi lembaga pemasyarakatan.

"Itu tamparan bagi Menkumham untuk lebih melakukan pembenahan diri ke lembaga pemasyarakatan. Mengingat dia (Gayus) pemegang rekor bolak-balik keluar tahanan sampai 60 kali," ujar Busyro seusai mengikuti diskusi Darurat Korupsi: Mengawal Peta Jalan KPK dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia, di Yogyakarta, Selasa (22/9/2015).

Menurutnya tidaklah mungkin Gayus bisa bebas berkeliaran tanpa adanya keterlibatan pihak dalam lapas. "Apa mungkin tanpa suap dia bisa keluar? Yang penting sipirnya harus diteliti Menkumham. Kenapa bisa sampai terjadi seperti itu," kata dia.

Pembenahan lembaga pemasyarakatan harus dilakukan oleh pejabat setingkat menteri, karena bukan hal yang main-main. Selain itu, pemindahan Gayus ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor bukanlah solusi yang tepat.

"Itu (pemindahan Gayus) engga menyelesaikan masalah. Seharusnya engga hanya memindahkan, tapi menteri harus mau membuka sistem di Lapas seperti apa. Menteri juga harus melakukan evaluasi independen dan mengajak peran serta masyarakat sebagai pemantau," tutur pria kelahiran Yogyakarta 17 Juli 1952.

Pada 9 September lalu, foto Gayus Tambunan saat di sebuah restoran beredar di dunia maya melalui laman Facebook milik Baskoro Endrawan. Di dalam foto itu, Gayus terlihat duduk di meja makan dengan mengenakan kaus biru dan topi bersama dua perempuan. 


(SAN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA