Kemarau Datang, ISPA dan Diare harus Diwaspadai

Agus Josiandi    •    Selasa, 22 Sep 2015 16:50 WIB
kekeringan
Kemarau Datang, ISPA dan Diare harus Diwaspadai
Polisi bawa bantuan air bersih ke warga yang terkena dampak kekeringan, MTVN - Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Kemarau panjang tak hanya membuat warga Pamekasan, Madura, Jawa Timur, krisis air bersih. Situasi itu malah memunculkan masalah baru yaitu penyakit yang perlu diwaspadai warga.

"Penyakit yang harus diwaspadai pada musim kemarau ini di antaranya adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diare," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Ismail Bey, Selasa (22/9/2015).

ISPA muncul akibat debu dan kotoran yang beterbangan. Kemudian debu itu terhirup. Sementara diare muncul karena warga tak bisa memerhatikan sanitasi saat krisis air bersih.

"Penyakit diare perlu diantisipasi warga, khususnya  di daerah yang krisis air. Sementara di  wilayah yang airnya cukup, hal ini tidak perlu dikhawatirkan," imbuhnya.

Ismail mengatakan masyarakat menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makananan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu dihimbau pula agar warga  tidak memperbanyak aktivitas di luar rumah, untuk menghindari polusi udara yang meningkat selama kemarau.


(RRN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

39 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA