2 Tahun Berturut-turut, Tangsel Jadi Kota Layak Anak Usia Dini

Arga sumantri    •    Selasa, 22 Sep 2015 17:09 WIB
tangerang selatan
2 Tahun Berturut-turut, Tangsel Jadi Kota Layak Anak Usia Dini
Airin seusai acara Himapaudi Tangsel----MTVN/Arga

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan punya perhatian serius terhadap upaya perlindungan anak usia dini. Saat kasus kekerasan terhadap anak tengah marak di wilayah lain, Kota Tangerang Selatan justru mendapat predikat kota layak anak (KLA) tingkat pratama (dasar) dalam dua tahun terakhir.

"Sudah dua kali berturut-turut ini Tangsel dapat predikat kota layak anak tingkat pratama (dasar). Ke depan target kita ingin menyamai Surabaya yang jadi kota layak anak tingkat madya," kata Airin di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (22/9/2015).

Salah satu upaya untuk mencapai target tersebut antara lain dengan membentuk satuan tugas perlindungan anak yang belum lama dikukuhkan dengan nama Forum Anak. Forum anak ini, kata dia, dirancang untuk mencegah, mengakomodir, dan meminimalisasi kasus kekerasaan terhadap anak.

"Melalui pendekatan itu diharapkan kita dapat membangun kota yang mampu memberikan perlindungan terhadap anak, mengutamakan keberpihakan dan kepentingan anak usia dini," tambah Airin.

Bukan hanya itu, tenaga pendidik anak usia dini juga harus diperhatikan. Juga kuantitas, kualitas, kompetensi, dan kesejahteraan mereka.

"Pada masa yang sering disebut golden age inilah perkembangan karakter intelektual dan keterampilan anak benar-benar ditentukan," tandas Airin.

Guna menunjang kesejahteraan tenaga pendidik PAUD, saat ini, Pemkot Tangsel sudah mengalokasikan dana untuk insentif sekitar 500 guru PAUD yang ada di Tangsel. Masih ada sekitar 1000 guru PAUD yang ditargetkan juga mendapat insentif serupa di tahun-tahun mendatang.


(TII)