Button Umumkan Pensiun di GP Jepang?

Hilman Haris    •    Selasa, 22 Sep 2015 17:13 WIB
f1
Button Umumkan Pensiun di GP Jepang?
Jenson Button dikabarkan bakal pensiun pada akhir musim (PHILIPPE LOPEZ / AFP)

Metrotvnews.com, London: Karier pembalap Formula 1 (F1) asal Inggris, Jenson Button mendekati akhir. Kabarnya, pembalap berusia 35 tahun itu akan pensiun setelah musim 2015 berakhir. Ada indikasi pengumuman soal itu bakal disampaikan oleh Button usai GP Jepang, Minggu 27 September. 

Button sebetulnya ingin tampil semusim lagi. Tapi sejumlah media di Inggris mengabarkan Button langsung merevisi keinginannya usai gagal menemui kata sepakat dengan Ron Dennis selaku bos McLaren soal perpanjangan kontrak.

Button punya catatan manis di F1. Pemilik nama Jenson Alexander Lyons Button itu pernah menjadi juara dunia pada 2009 dan sudah tampil 278 kali. Catatan ini membuat Button menempatkan diri di posisi ketiga sebagai pembalap  paling berpengalaman dalam sejarah F1. 

Akan tetapi kejayaan Button mulai pudar seiring bertambah usia. Pada musim ini, Button hanya dua kali meraih angka bersama McLaren, yakni saat GP Monako dan GP Hungaria. Total, ia enam kali gagal finis pada musim ini.

Sejumlah nama sudah dikaitkan sebagai suksesor Button. Namun dari sejumlah kandidat, pembalap cadangan McLaren, Kevin Magnussen atau Stoffel Vandoorne berada di garda terdepan untuk menggantikan Button. (BBC)


(HIL)