Menaker: Gaji TKA Pakai Rupiah

   •    Selasa, 22 Sep 2015 17:20 WIB
kemenaker ads
Menaker: Gaji TKA Pakai Rupiah
Menaker Hanif Dhakiri saat menjadi pembicara kuliah umum Diklat Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan (Foto: Kemenaker)

Metrotvnews.com,  Jakarta: Karena lokasi kerjanya di Indonesia,  maka para TKA digaji dengan rupiah  sesuai aturan Bank Indonesia. Perusahaan yang membayar  pekerjanya menggunakan mata uang asing akan dijatuhi sanksi.


"Prinsipnya selama berada dan kerja di Indonesia ya harus ikuti peraturannya Indonesia," kata Menaker Hanif Dhakiri usai kuliah umum Diklat Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan 2015 di Pusdiklat Kemnaker, Jakarta, Selasa (22/9/2015).


Seperti diketahui Bank Indonesia (PBI) menerbitkan peraturan Nomor 17/3/PBI/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang kewajiban penggunaan uang rupiah di wilayah NKRI.  Hal ini mewujudkan kedaulatan rupiaj di wilayah NKRI dan demi menjaga stabiliyas nilai tukar.


Di dalam UU 7/2011 ditegaskan sanksi  bagi yang melanggarnya. Pidana kurungan hingga satu tahun dan denda paling Rp 200 juta sesuai Pasal 33 ayat (1) dan (2).


Sedangkan pelanggaran dalam transaksi nontunai dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis; kewajiban membayar dan larangan untuk ikut dalam lalu lintas pembayaran. Sanksi kewajiban membayar ditetapkan sebesar 1% (satu persen) dari nilai transaksi, dengan jumlah kewajiban membayar paling banyak sebesar Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).




(LHE)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA