XL Hadirkan Layanan 4G LTE Komersial di Surabaya dan Denpasar

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 22 Sep 2015 17:44 WIB
xl
XL Hadirkan Layanan 4G LTE Komersial di Surabaya dan Denpasar
XL resmi menghadirkan layanan 4G LTE di Surabaya dan Denpasar.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT XL Axiata (XL) resmi menghadirkan layanan jaringan 4G LTE komersial di Surabaya dan Denpasar, hari ini, Selasa (22/9/15). Peresmian komersialisasi layanan 4G LTE ini dilakukan di tiga kota secara bersamaan, yaitu di Restoran Cacamarica Jakarta, Surabaya dan Denpasar. Sebelumnya, layanan ini sudah diluncurkan di Lombok pada bulan Juli tahun ini.

"Seluruh proses penataan ulang frekuensi 1800 MHz di wilayah Jawa bagian timur dan Bali telah selesai dilakukan, termasuk soal perizinan dari pemerintah. Sehingga kami tidak ingin menunggu lebih lama untuk menyediakan layanan 4G LTE secara komersial pada frekuensi ini untuk konsumen di Surabaya dan Denpasar," ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur XL.

Pada tahap awal ini, layanan 4G LTE di Surabaya dapat dinikmati di area Gubeng, Manyar, Pakuwon, Margorejo, Tambaksari, Wiyung, Kenjeran, Manukan Kulon, Sidoarjo hingga Rungkut. XL menyebut pada wilayah Surabaya, telah terdapat lebih dari 200 BTS 4G sebagai pendukung layanan ini.

Sementara untuk wilayah Denpasar, layanan ini dapat dinikmati di area Kuta, Denpasar, Seminyak, Ubud, Bedugul, Sanur hingga Nusa Dua. Untuk wilayah Denpasar, XL menyebut telah menyediakan lebih dari 250 BTS untuk mendukung layanan ini.

Dian menjelaskan, XL juga menunggu kesiapan kartu SIM, dukungan perangkat dan jaringan, serta ekosistem penunjang untuk dapat mengomersialisasikan layanan 4G LTE ini. XL juga melakukan edukasi kepada konsumen, yang diakui XL sebagai salah satu tantangan selama proses persiapan ini.

Selain edukasi konsumen, Dian juga menyebut, tantangan lain yang dihadapi XL adalah memperbesar saluran dan mengimplementasikan fiber optik untuk wilayah yang membutuhkan konektivitas besar.

Proses persiapan untuk layanan 4G LTE disebut Dian lebih mudah, karena XL telah memulai modernisasi jaringan sejak beberapa tahun lalu. XL juga menyebut belum berencana memonetisasi layanan ini, karena masih dalam tahap percobaan di kota besar lain, selain Surabaya dan Denpasar.


(ABE)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA