Legislator Minta Kenaikan Cukai Hanya 5-7%

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 22 Sep 2015 17:46 WIB
cukaitembakau
Legislator Minta Kenaikan Cukai Hanya 5-7%
Anggota Komisi XI DPR Misbakhun (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota komisi XI DPR RI Misbakhun meminta penambahan target penerimaan pemerintah dari cukai dinaikan sebanyak lima persen sampai dengan tujuh persen di tahun ini, bukan seperti rencana pemerintah yang menaikkan cukai hingga 23 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016.

"Kami berharap dari penerimaan cukai tidak melebihi lima persen sampai tujuh persen dari penerimaan 12 bulan di 2015," tuturnya, di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (22/9/2015).

Menurutnya, selama ini pemerintah hanya memberikan insentif bagi investasi baru. Sedangkan industri yang telah ada dan memberikan pemasukan bagi negara justru seperti dibebani. Tentu ini menjadi persoalan tersendiri dan perlu dicarikan jalan keluarnya.

"Pemerintah selalu beri insentif bagi invetasi baru dengan tax holiday dan sebagainya. Bagaimana dengan existing industri yang ada? Ini yang harus diberikan relaksasi insentif dari pemerintah," jelasnya.

Lebih dari itu ia menilai, pemerintah bisa meniru negara lain yang memiliki objek cukai lebih dari 20 produk. Dalam hal ini, penambahan objek cukai juga tidak akan memfokuskan target cukai hanya untuk satu atau dua produk semata.

"Ini objek baru pemerintah bisa ekstensifikasi. Ini memang tidak populer tapi bisa tambah objek baru. Supaya tidak bertumpu pada cukai rokok atau tembakau," pungkas dia.



(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA