Adhi Karya Banderol Harga Right Issue Rp1.560/Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 22 Sep 2015 17:49 WIB
adhi karya
Adhi Karya Banderol Harga <i>Right Issue</i> Rp1.560/Saham
Ilustrasi -- FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mengesahkan rencana penambahan modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan melalui PUT I sebanyak 1,759 miliar saham.

Adapun harga pelaksanaan yang disahkan perseroan dalam PUT I ini sebesar Rp1.560 per saham. Sementara dari hasil penerbitan saham baru tersebut, membuat perseroan bisa mendapatkan tambahan modal sebesar Rp2,74 triliun.

"Harga Rp1.560 per saham. Ada pricing, yang menentukan underwriter. Awalnya, harga Rp1.800 per saham, tapi suara mufakat pemegang secara keseluruhan harganya jadi Rp1.560 per saham," kata Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan, ketika ditemui usai RUPSLB perseroan di kantor pusat Adhi Karya, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Menurut dia, dana right issue setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk membiayai sebagian proyek transportasi massal berbasis rel, beserta stasiun dan properti pendukungnya dengan konsep Transit Oriented Development, termasuk fasilitas park and ride.

"Dalam RUPSLB kami, pemegang saham memberikan kuasa penuh kepada Direksi untuk melaksanakan PUT I," jelasnya.

‎Sekadar informasi, sebelumnya perseroan sempat berencana menerbitkan 1,81 miliar saham baru ke publik atau 50,2 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUT. Namun, berdasarkan prospektus yang baru dirilis, perseroan mengubahnya menjadi sekitar 1,75 miliar saham baru yang akan diterbitkan atau 49,4 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah PUT I dengan nominal Rp 100 setiap saham.

Setiap pemegang Rp1.250 per saham lama yang namanya tercatat pada 5 Oktober 2015 pukul 16.00 WIB berhak memperoleh 1.221 HMETD, di mana setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp1.560 setiap saham, yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD.

Jumlah HMETD yang menjadi hak Pemerintah Republik Indonesia sebanyak 897.366.624. Rencananya Pemerintah RI akan mengambil right issue ADHI melalui Penanaman Modal Negara (PNM) sebesar Rp1,39 triliun. Langkah right issue yang dijalankan Adhi Karya ini menggunakan pembeli siaga dari  PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas dengan porsi masing-masing sebanyak-banyaknya sebesar 287,38 juta saham, dengan jumlah dana yang disiapkan sebanyak-banyaknya sebesar Rp448,32 miliar.

Adapun pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PUT I ini sesuai dengan HMETD-nya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan saham atau terdilusi atas kepemilikan sahamnya di Adhi Karya hingga 49,4 persen.


(AHL)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA