Ahmed Mohamed Hadiri Google Science Fair

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 22 Sep 2015 18:01 WIB
kasus ahmed mohamed
Ahmed Mohamed Hadiri Google Science Fair
Ahmed Mohamed di Google Science Fair. (Google / Andrew Federman)

Metrotvnews.com: Senin kemarin (21/9/2015), para finalis Google Science Fair menunjukkan berbagai proyek buatan mereka. Namun, remaja yang menjadi pusat perhatian justru bukan seorang peserta. Tamu istimewa Google adalah Ahmed Mohamed, seorang remaja berumur 14 tahun yang sempat menjadi trending topic di Twitter, dan sempat ditangkap karena menunjukkan jam buatannya ke gurunya.

Dalam Google Science Fair, Ahmed mengunjungi booth para finalis. Seperti yang dilaporkan oleh USA Today, wajah para finalis berubah cerah saat dikunjungi oleh Ahmed. Selain mengunjungi booth para finalis, Ahmed juga mengitari acara yang Google adakan di Mountain View, California. 

Dikabarkan, Ahmed bahkan sempat menemui Sergey Brin, salah satu pendiri Google.

Setiap tahun, Google mengadakan Science Fair dengan tujuan untuk memberikan inspirasi pada remaja untuk terus melakukan eksplorasi dan eksperimen. Di tahun ini, tema Google Science Fair adalah "Giliranmu untuk merubah dunia."

"Sangat penting bagi kita untuk mendukung dan mendorong generasi muda untuk menyelidiki dunia sekitar mereka dengan melakukan eksperimen sains. Karena itulah, kami sangat senang saat Ahmed Mohamed. menerima undangan kami untuk menghadiri acara ini," kata Mariette DiChristina, Editor-in-Chief dari Scientific American, sekaligus ketua juri dan Google Science Fair, dalam sebuah blog post. "Para peneliti dan pencipta muda seperti dia seharusnya didorong dan diberdayakan."

Saat tagar #IStandWithAhmed menjadi trending topic, Ahmed tidak hanya mendapat simpati dari berbagai tokoh ternama yang bergerak di bidang teknologi, dia juga mendapat beberapa undangan untuk berkunjung, seperti undangan untuk mengunjungi Facebook dari Mark Zuckerberg atau undangan untuk bekerja magang di Twitter. Sejauh ini, satu-satunya undangan yang telah diterima oleh Ahmed adalah undangan untuk menghadiri Google Science Fair.

Selain dari tokoh-tokoh yang bekerja di bidang teknologi, Ahmed juga mendapatkan undangan untuk berkunjung ke Gedung Putih dari Presiden Barack Obama. USA Today melaporkan bahwa Ahmed akan menerima undangan ini pada bulan depan untuk menghadiri "Astronomy Night", sebuah acara untuk mengamati bintang bersama ilmuwan, teknisi dan astronot.


(ABE)