IMF: Dampak Perlambatan Tiongkok Lebih Besar dari Perkiraan

   •    Rabu, 23 Sep 2015 10:02 WIB
imf
IMF: Dampak Perlambatan Tiongkok Lebih Besar dari Perkiraan
Managing Director IMF Christine Lagarde. (AFP PHOTO/Bay ISMOYO)

Metrotvnews.com, Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) melaporkan dampak dari pelambatan ekonomi Tiongkok terhadap ekonomi global lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Perlambatan pertumbuhan Tiongkok memiliki efek penyebaran mungkin lebih besar di kawasan tertentu daripada yang diantisipasi," kata Managing Director IMF Christine Lagarde, seperti dilansir dari AFP, Rabu (23/9/2015).

IMF menyampaikan hal tersebut dalam sebuah pidato di Brookings Institution, sebuah lembaga riset di Washington. Menurut Lagarde, pendinginan Tiongkok memiliki risiko-risiko negatif yang lebih besar daripada yang mereka diperkirakan.

"Pertumbuhan lebih rendah," katanya, mengacu pada ekonomi global, sebagaimana dikutip dari Antara.

Pelambatan Tiongkok, dan pertanyaan-pertanyaan tentang kemampuan pemerintah untuk mengelola itu, telah memacu kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi terbesar kedua dunia itu, yang telah mengguncang pasar keuangan dalam beberapa bulan terakhir.

Lagarde mencatat pelambatan pertumbuhan Tiongkok telah membantu mendorong harga komoditas lebih rendah, menempatkan tekanan pada ekonomi yang digerakkan ekspor dan keuangan publik mereka.

Sambutannya datang ketika Presiden Tiongkok Xi Jinping memulai kunjungan kenegaraan pertamanya ke Amerika Serikat di pusat teknologi dan penerbangan Seattle pada Selasa, bertujuan untuk membujuk perusahaan-perusahaan AS. Presiden Barack Obama akan menjadi tuan rumah Xi untuk pembicaraan di Gedung Putih pada Jumat.


(AHL)