Warga Muhammadiyah di Bangkalan Salat Id di Tujuh Masjid

Agus Josiandi    •    Rabu, 23 Sep 2015 10:05 WIB
idul adha
Warga Muhammadiyah di Bangkalan Salat Id di Tujuh Masjid
Warga Muhammadiyah di Bangkalan gelar salat id, Rabu (23/9/2015). (Metrotvnews.com/Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Bangkalan: Ratusan warga Muhammadiyah di Bangkalan, Madura, Jawa Timur menggelar sholat id dengan khusyuk, Rabu (23/9/2015).

Meski Madura dikenal sebagai salah satu basis massa Nahdlatul Ulama, warga Muhammadiyah bisa menjalankan ibadah sunah tahunan tersebut dengan tenang dan khusyuk. 

Seperti terlihat di masjid At Taqwa, Kelurahan Pangeranan, Bangkalan. Ratusan warga Muhammadiyah dengan tenang menjalankan sholat id sebelum akhirnya ritual penyembelihan dilakukan.

Kendati mengalami perbedaan dalam penentuan hari raya idul kurban, warga Muhammadiyah di Bangkalan mengaku tak masalah. Bagi warga Muhammadiyah, perbedaan tersebut adalah hal yang patut disyukuri dengan saling menghormati satu sama lain.

"Sebenarnya engga ada masalah, toh hanya perbedaan penentuan hilal saja, selebihnya mari kita saling menghormati sebagai umat muslim," terang Fathurrahman Said, salah seorang warga Muhammadiyah yang ditemui sebelum sholat id.

Begitu pula dengan Sumarto, warga Muhammadiyah lainnya. Bagi dia, perbedaan adalah hal yang wajar dalam Islam, karena itu dirinya berharap dengan perbedaan kali ini, umat muslim menjadi semakin bersatu.

"Ini kan bukan hal yang baru, jadi mari jadikan momentum kali ini sebagai pemersatu umat, pemersatu saudara sesama muslim," terang Sumarto.

Di Bangkalan, warga Muhammadiyah menggelar salat id berjamaah di tujuh titik masjid di  Bangkalan, Madura, Jawa Timur.


(SAN)