KPK tak Terpengaruh Putusan MK

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 23 Sep 2015 10:07 WIB
uji materi uu
KPK tak Terpengaruh Putusan MK
Indriyanto Seno Adji (depan). Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Indriyanto Seno Adji memastikan lembaganya tak terpengaruh putusan Mahkamah Konstitusi. Pasalnya, lembaga antikorupsi mengacu pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

"Sepengetahuan kami, KPK terikat dengan UU KPK yang bersifat Specialis begitu pula dengan tata cara proseduralnya," kata Indriyanto saat dikonfirmasi, Rabu (23/9/2015).

Menurut dia, putusan MK itu tidak diartikan sebagai lex sine scriptis bagi UU KPK. Indriyanto menegaskan, putusan MK hanya terikat pada tindak pidana umum bukan korupsi yang bagian tindak pidana khusus.

"Jadi sama sekali tidak berdampak pada KPK ya," ungkap Pakar hukum ilmu pidana.

KPK, kata dia, akan menghormati putusan itu. Namun, dia memahami bila akan ada perdebatan dalam masalah ini. "Bahwa ada perdebatan MK, hal ini sebagai suatu kewajaran yang nantinya patut dihormati pula oleh pihak-pihak berkepentingan,"  jelas dia.

Pada Selasa 22 September kemarin, MK memutuskan penegak hukum harus mendapatkan izin presiden jika ingin memeriksa anggota DPR, MPR, dan DPD. Hakim Konstitusi menyatakan frasa persetujuan tertulis pada Pasal 245 ayat 1 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3 bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum sepanjang tidak dimaknai persetujuan presiden.

(Baca: MK: Pemeriksaan Anggota DPR, MPR, DPD Harus Izin Presiden)


(TII)