Gayus Tambunan, Napi Pertama Tempati Blok Khusus Bandar Narkoba

Antara    •    Rabu, 23 Sep 2015 12:20 WIB
gayus tambunan
Gayus Tambunan, Napi Pertama Tempati Blok Khusus Bandar Narkoba
LP Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Ant - Arif Firmansyah

Metrotvnews.com, Antara: Terpidana kasus penggelapan pajak dan pencucian uang, Gayus Halomoan Tambunan, menempati blok khusus di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Blok itu merupakan tempat untuk bandar narkoba kelas berat.

"Gayus ditempatkan di Blok A Kamar 1. Blok ini diperuntukkan untuk bandar-bandar kelas berat narkoba dan belum pernah digunakan sebelumnya dan baru diisi oleh Gayus," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gunung Sindur Edi Sigit Budiman saat dihubungi Antara, di Bogor, Rabu (23/9/2015).

Edi mengatakan Gayus pindah dari LP Kelas 1 A Sukamiskin Bandung menuju LP Gunung Sindur kemarin. Terpidana 12 tahun penjara itu menempati kamar khusus dengan pengamanan maksimum dan ketat.

"Blok ini memang sudah ada, khusus diperuntukkan untuk tahanan kelas berat menjalani isolasi atas sanksi yang diberikan," kata Edi.

Menurut Edi, kamar itu terisolasi. Sekat kawat menjadi pembatas sehingga setiap penghuni tak dapat bersentuhan.

"Jadi selain diisolasi, Gayus juga mendapatkan sanksi dibatasi kunjungan keluarga," katanya.

LP Kelas II Gunung Sindur berdiri sejak 2010. Tapi LP baru beroperasi mulai 2013. Semula, LP bukan khusus untuk terpidana narkoba. Tapi, kebijakan pemerintah pusat pun menjadikan LP Gunung Sindur sebagai blok khusus bandar narkoba.

"Lapas Kelas III Gunung Sindur memiliki kapasitas 1.308 orang, terdiri dari empat blok dan satu blok khusus yang kini digunakan oleh Gayus. Saat ini jumlah warga binaan yang ada di lapas sebanyak 465 orang," kata Edi.

Pemindahan Gayus dilakukan setelah mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu kepergok berada di luar penjara. Sebuah foto menampakkan Gayus berada di rumah makan bersama dua perempuan. 

Pada 9 September 2015, Gayus memang meminta izin untuk keluar dari LP Sukamiskin. Alasannya ia menghadiri sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Utara. Foto itu kemudian menyebar di media sosial.

Ini bukan kali pertama Gayus keluar dari sel. Ia pernah melakukan tindakan tersebut pada 2010 sebanyak lima kali yaitu Juli, Agustus, September, Oktober, dan November.


(RRN)