Obama akan Sambut Hangat Paus Fransiskus di Gedung Putih

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Sep 2015 14:20 WIB
paus fransiskus
Obama akan Sambut Hangat Paus Fransiskus di Gedung Putih
Presiden AS Barack Obama (kanan) tertawa bersama Paus Fransiskus di Maryland, AS, Selasa (22/9/2015). (Foto: AFP / CHIP SOMODEVILLA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus di Gedung Putih untuk kali pertama dalam sejarah, Rabu (23/9/2015). 

Saat Paus Fransiskus menginjakkan kaki di tanah AS, tepatnya di Pangkalan Udara Andrews di Maryland, Obama langsung menyambutnya. Obama membawa istri dan kedua anaknya beserta Wakil Presiden Joe Biden. 

Sambutan ini sebagian bersifat protokoler, dan sebagian lainnya politik. Ini merefleksikan kesamaan tujuan dari Obama dan Fransiskus, yang akan membiarakan berbagai isu mulai dari perubahan iklim, kesetaraan hingga keimigrasian dan rekonsiliasi AS dengan Kuba. 

Kunjungan ini serupa dengan Paus Benediktus yang menemui Presiden George W Bush di Gedung Putih pada 2008. 

"Saat presiden duduk bersama Paus Fransiskus besok di Oval Office, presiden tidak akan membawa agenda politik," ujar juru bicara Gedung Putih Josh Earnest.

"Ini adalah kesempatan bagi dua pria yang memiliki banyak kesamaan nilai untuk membicarakan usaha mereka selama ini dalam berbagai macam hal," sambung dia. 

Fransiskus akan melakukan dua pidato selama kunjungan enam hari di AS, yakni di hadapan Kongres dan PBB.  



(WIL)