Respons Surat Fahri, Ketua MKD: Pimpinan DPR Silakan Ikuti Aturan

Surya Perkasa    •    Rabu, 23 Sep 2015 14:44 WIB
donald trump
Respons Surat Fahri, Ketua MKD: Pimpinan DPR Silakan Ikuti Aturan
Surahman Hidayat. Foto: M Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Surahman Hidayat mengingatkan Pimpinan DPR mengikuti aturan yang ada. Surahman menanggapi surat Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang berisi agar MKD merahasiakan proses pengusutan pertemuan Pimpinan DPR, Setya Novanto dan Fadli Zon, dengan bakal calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Merespons surat (Fahri), pimpinan MKD melakukan tugas penyelidikan. Pimpinan silakan sesuaikan dengan aturan MKD," tegas Ketua MKD Surahman Hidayat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Surahman menjelaskan, Peraturan DPR tentang Tata Beracara MKD DPR memang mengatur kerahasiaan pengusutan kasus. Ini ditegaskan dalam Pasal 10 yang berbunyi, MKD wajib merahasiakan materi aduan dan proses verifikasi sampai dengan perkara diputus.

Namun di dalam pasal tersebut menegaskan materi aduan dan proses verifikasi yang tidak bisa diungkap. Sedangkan pengungkapan proses tidak diatur. Bahkan MKD berhak untuk membuat persidangan bersifat terbuka.

"Konten dan materinya tidak boleh. Nanti setelah selesai persidangan terakhir baru boleh," kata dia.

Namun dia tidak menganggap surat Fahri sebagai sebuah masalah. Surat menyurat, baik internal maupun eksternal lembaga DPR, sudah menjadi tata administrasi yang biasa. "Kami apresiasi editorialnya," pungkas dia.

Setya Novanto dan Fadli Zon dilaporkan ke MKD terkait pertemuannya dengan bakal calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Setya dan Fadli juga menghadiri konferensi pers Donald yang disiarkan stasiun televisi nasional di Amerika. 


(KRI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA