Kementan Siapkan Teknologi Pengembangan Lahan Rawa

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 23 Sep 2015 15:31 WIB
kekeringankementan ads
Kementan Siapkan Teknologi Pengembangan Lahan Rawa
Ilustrasi rawa. (ANTARA FOTO/Anang Budiono)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Litbang Pertanian tengah mempersiapkan teknologi inovasi dalam mengembangkan lahan rawa sebagai lumbung pangan nasional masa depan.

Kepala Badan Litbang Pertanian Muhammad Syakir mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan enam teknologi inovasi yang dinilai dapat memberikan banyak manfaat pada sektor pertanian. Salah satunya teknologi pemupukan berimbang dengan menggunakan perangkat PUTR.

"Kemudian teknologi pupuk hayati biotara dan biosure. Teknologi ini sudah dilisensi oleh PT Pupuk Kaltim," ungkap Muhammad Syakir, saat ditemui di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2015).

Lanjut Syakir, pihaknya juga tengah mempersiapkan teknologi tabat limpas untuk konservasi air. Ia menyebutkan teknologi ini dikembangkan dari kearifan lokal masyarakat Bugis.

Berikutnya, teknologi untuk benih unggul padi lahan rawa tahan salin, kemasaman tanah, dan OPT di antaranya Inpara, Martapura, Margasari, Banyuasin, dan sebagainya. "Benih unggul punya karakteristik karena rawa saninitasnya tinggi. Ada karakteristik OPT yang beda, teknologi litbang sudah siapkan," ujar Kepala Badan Litbang itu.

Lalu, Badan Litbang saat ini tengah mempersiapkan teknologi surjan. Kemudian yang terakhir pihaknya juga mempersiapkan teknologi pengendalian tikus dengan menggunakan ratel dan lain-lain.

"Badan Litbang mempersiapkan teknologi-teknologi ini dan akan memberikan kesempurnaan ke depannya," jelasnya.


(AHL)