Inilah Sentimen yang Bikin Rupiah Terjungkal ke Rp14.700/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 23 Sep 2015 15:33 WIB
rupiah melemah
Inilah Sentimen yang Bikin Rupiah Terjungkal ke Rp14.700/USD
illustrasi. ANT/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelemahan nilai tukar rupiah yang sempat menyentuh level Rp14.700 per USD disebabkan berbagai sentimen eksternal dan internal. Pengaruh itu muncul dari kebijakan The Fed yang menunda menaikkan suku bunganya, serta pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat. 

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) David Sumual mengatakan, baying-bayang Bank Sentral AS atau The Fed yang akan mengadakan pertemuan Federal Office Meeting Commitee (FOMC) untuk membahas kenaikan suku bunga di Oktober 2015 masih “menghantui” investor. 

"Faktor utama (pelemahan rupiah) masih kerena penundaan suku bunga AS yang tidak pasti," kata David kepada wartawan, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Dia menambahkan, sentimen lain yang membuat rupiah turun tajam, dikarenakan pemangkasan target Asian Development Bank (ADB) terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia 2015 menjadi 4,9 persen. 

"Akibatnya  persepsi pasar negatif, dan berimbas ke nilai tukar rupiah," jelasnya. 

Sementara itu, ‎analis PT Planton Niaga Berjangka Lukman Leong menambahkan penundaan kenaikan suku bunga The Fed yang bersifat sementara, menimbulkan ketidakpastian bagi pasar keuangan.

“Selain itu ada rilis data-data ekonomi dalam negeri, seperti angkas ekspor dan impor yang belum maksimal serta perkiraan pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang tidak mencapai di atas lima persen, hal itu memberikan sentimen negatif bagi rupiah,” kata dia. 



(SAW)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

15 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA