Kopi Biji Lamtoro Terjual 500 Sachet Setiap Hari

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Rabu, 23 Sep 2015 15:53 WIB
kopi
Kopi Biji Lamtoro Terjual 500 Sachet Setiap Hari
Nadia memamerkan kopi wedoro berbahan biji lamtoro, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Produksi kopi wedoro yang berbahan biji lamtoro hasil karya siswa ektrakurikuler kewirausahaan SMKN 2 Kediri, Jawa Timur, lumayan diminati. Baru berjalan dua bulan, para siswa mampu menjual 500 sachet kopi setiap hari.

"Kami memasarkannya dengan cara dititipkan ke warung, dijual secara online. Targetnya kami bisa menjual 1.500 sachet setiap hari," kata Nadia Fisabilillah, siswa ekstrakurikuler SMKN 2 Kediri.

Mereka juga punya cara lain. Yaitu membuka kedai kopi wedoro di sekolah. 

"Banyak diminati. Di warung kopi pasti habis. Kami masih terus meningkatkan produksi dan memperluas pasar," ujarnya.

Nadia mengatakan harga sebungkus kopi tidak mahal yaitu Rp1.200. Pembeli juga bisa mendapatkan satu paket kopi berisi 50 Gram dengan harga Rp5.000.

Nadia dan teman-temannya 'menciptakan' kopi wedoro dari biji lamtoro yang dipadu dengan kapulaga, kayu manis, juga gula aren. Ide itu didapat sejak lima bulan lalu.

"Kopi ini dibuat oleh tiga orang siswa. Tapi siswa yang lainnya membantu saat proses produksi," kata Nadia.

Cara membuat kopi wedoro sederhana. Nadia dkk memanfaatkan tumbuhan lamtoro, mengeringkan, dan menghaluskannya dengan mesin.

(Baca: http://jatim.metrotvnews.com/read/2015/09/22/433665/siswa-smk-di-kediri-ciptakan-kopi-lamtoro)

"Dicampur dengan kapulaga, kayu manis dan gula aren. Aroma lamtoronya juga hilang," ujar gadis 16 tahun itu.

Menurut Nadia, semua peralatan di sekolah telah difasilitasi, seperti alat pelembut dan alat untuk mengemas kopi lamtoro. Siswa tinggal melaksanakannya saja dengan melakukan penelitian. Saat ini, kata Nadia, Kopi Wedoro itu sedang diuji di laboratorium kesehatan Dinas Kesehatan Kediri.

"Manfaat kopi ini, dari penelitian yang kami lakukan sendiri, sementara, bisa mencegah kanker, mengatasi insomnia, diabetes, disentri, cacingan, menghaluskan kulit, dan masih banyak manfaat lainnya lagi," kata siswi kelas 3 SMK itu.


(RRN)