Presiden Jokowi Berkurban 2 Sapi di Solo

Pythag Kurniati    •    Rabu, 23 Sep 2015 17:25 WIB
idul adha
Presiden Jokowi Berkurban 2 Sapi di Solo
Sapi jenis benggala dari Presiden Joko Widodo yang diserahkan sebagai hewan kurban di Masjid Agung Surakarta. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Surakarta: Sapi jenis Benggala dengan berat sekitar 850 kilogram (kg) diserahkan oleh utusan Presiden Joko Widodo kepada pengelola Masjid Agung Surakarta.

Sapi tersebut dipesan dari Toka, 55, seorang peternak sapi asal Carikan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Toka mengaku mendapatkan pesanan dua minggu lalu melalui perantara.

“Sapi yang dipesan Presiden harganya sekitar Rp55 juta,” ungkap Toka usai menyerahkan sapi kepada pengelola Masjid Agung Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (23/9/2015).

Presiden Jokowi, menurutnya, baru sekali membeli sapi Benggala di peternakannya. Namun, Toka mengungkapkan, selain Jokowi, Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudoyono pun pernah memesan sapi darinya.

Sekretaris Masjid Agung Surakarta, Abdul Basid Rahman mengatakan ini bukan kali pertama Jokowi memberikan sapi ke Masjid Agung. “Sebelumnya, saat menjadi wali kota pun Pak Jokowi setiap tahun sudah sering memberikan sapi ke sini,” ujarnya.

Dengan datangnya sapi kurban dari Presiden Jokowi, maka Idul Adha 1436 ini terhitung lima ekor sapi dan 19 kambing akan disembelih oleh pengelola Masjid Agung Surakarta. 

Selain menyerahkan sapi kurban di Masjid Agung Surakarta, Presiden Jokowi juga memberikan sapi kurban jenis metal seberat 950 kg ke Masjid Al-Wusto, Mangkunegaran, Surakarta.


(SAN)