JK Sebut RI akan Impor Beras dari Thailand & Vietnam

Bane Raja Manalu    •    Rabu, 23 Sep 2015 19:23 WIB
beras
JK Sebut RI akan Impor Beras dari Thailand & Vietnam
Ilustrasi beras. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/

Metrotvnews.com, Dubai: Indonesia akan mengimpor beras dari Thailand dan Vietnam. Impor beras dilakukan karena produksi dalam negeri terganggu El Nino.

"Enggak ada yang bisa melawan bencana alam. Ini El Nino. Sebesar apapun usaha kalau tidak ada air mau dibilang apa? Beras akan diimpor dari Thailand dan Vietnam lebih dari 1,5 juta ton," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla saat transit dalam penerbangan dari Dubai ke New York untuk mengikuti sidang umum PBB, Rabu (23/9/2015).

JK mengurai, tugas Badan Urusan Logistik (Bulog) mengimpor beras. Sementara Kementerian Pertanian memproduksi beras sebesar-besarnya. Ia yakin setelah Pemerintah memberi lampu hijau impor harga beras akan turun.

JK menegaskan rakyat tidak boleh kekurangan pasokan beras. "Beras itu sebenarnya tidak mudah dikartel karena tidak mudah disimpan. Program pemerintah itu swasembada tiga tahun. Saya minta dua tahun. Mentan mau target setahun. Tapi karena El Nino target itu tak tercapai," jelas JK.

Harga pangan, kata JK, sangat berpengaruh pada orang miskin. Karena penghasilan mereka 60 persen untuk pangan. Sedangkan warga menengah atas hanya mengalokasikan sebesar 20 persen untuk pangan.

"Pasokan beras itu enggak boleh gambling, beras harus tersedia sebelum ada masalah," pungkas dia.


(AHL)