NTT Punya Lima Destinasi Maritim di Indonesia

   •    Rabu, 23 Sep 2015 19:29 WIB
pariwisata
NTT Punya Lima Destinasi Maritim di Indonesia
illustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Kupang:  Nusa Tenggara Timur memiliki lima destinasi maritim yang potensial dan indah serta menarik bagi wisatawan. Kelima wilayah ini dapat menaikan target kunjungan dan menggerakan ekonomi kreatif rakyat.

“Kelima destinasi maritim itu antara lain Pink Beach di Manggarai Barat, Danau Kelimutu di Ende, dan Teluk Maumere, Nihiwatu Beach di Sumba, Alor Dive di Alor, dan Nemberalla Beach di Rote Ndao," kata Kepala Bidang Detinasi dan Promosi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Thomas Lelan sebagaimana dikutip  Antara di Kupang, Rabu (23/9/2015).

Dia mengakui beberapa nama destinasi dan obyek wisata di NTT selama ini memang telah diakui dunia seperti Komodo yang termasuk dalam Seven Wonders dan Kelimutu yang telah mendunia. Tetapi lima destinasi lainnya menyimpan kecantikan yang belum banyak terungkap.

Taman Laut Maumere di Kabupaten Sikka Flores Tengah misalnya memiliki pemandangan yang begitu indah dan dikurung oleh teluk yang sangat nyaman bagi kehidupan di dalamnya. Pulau Alor memiliki kekhususan yaitu keindahan alam bawah lautnya. Alam bawah laut yang dilindungi oleh Pulau Timor membuatnya menjadi tempat terbaik dunia untuk menyelam setelah Kepulauan Karabia, di Amerika Tengah.

Selanjutnya pantai Nambrala atau Nemberalla Beach keindahan alam yang ada di Pulau Rote ini telah termasuk dalam lokasi wajib aktifitas penyelaman internasional ( International Calender of Event ) dan hanya kalah dari kepulauan Hawaii di AS.

Kelima adalah "Nihiwatu Beach" di Pulau Sumba termasuk dalam sepuluh pantai terbaik dan terindah, memberikan kesan yang sangat elegan dan ekslusif karena lokasi dan gelombang lautnya dapat dimanfaatkan bagi para peselancar.

Tiga pantai Indonesia itu sebagai bagian dari 100 pantai terindah di dunia. Dan salah satunya, Pantai Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat. Ia menyebut sebuah laporan sebelum daftar 100 pantai terindah di dunia ini dikeluarkan, CNN juga menyanjung Nihiwatu setinggi langit, bahkan dianggap lebih indah dari Pantai Hanalei Bay di Hawaii.

"Pantai Nihiwatu sepanjang 2,5 kilometer itu menurut jajak pendapat versi CNN menempati peringkat 17 dari 100 pantai terindah di dunia, seperti dilansir CNN," katanya.


(SAW)