Menhub Optimistis Bawean Bisa Menjadi Bali-nya Jatim

Amaluddin    •    Rabu, 23 Sep 2015 19:31 WIB
bandara
Menhub Optimistis Bawean Bisa Menjadi Bali-nya Jatim
Landasan pacu Bandara di Pulau Bawean Gresik, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Gresik: Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan, berencana mengembangkan Pulau Bawean di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim), seperti Bali. Tapi, kata Menhub, rencana itu harus ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

"Pulau Bawean secara perlahan bisa seperti Pulau Bali kalau infrastruktur memadai," kata Jonan, saat meninjau lapangan terbang di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (23/9/2015).

Jonan optimistis Pulau Bawean bisa dijadikan 'Bali'-nya Jatim. Sebab, wisata dan budaya yang dimiliki Pulau Bawean cukup menarik. Jonan mengakui potensinya indah. 

Jonan menilai pengembangan Pulau Bawean perlu dilakukan. Sehingga warga Bawean yang berada di perantauan dapat kembali pulang dan membangun pulau tersebut.

"Sama dengan Pulau Bali. Dulu, pada tahun 60-70-an warga Bali juga banyak yang mengungsi ke luar negeri. Tapi setelah infrastrukturnya dibangun, dan potensi alamnya dibenahi, warga Bali yang ada di luar negeri kembali dan membangun Bali sampai sekarang," katanya. 

Bandara, ujar Jonan, merupakan infrastruktur yang dapat menjadi awal pengembangan potensi wisata dan ekonomi di Bawean. Setelah itu, angkutan pendukung lain dapat bermunculan seperti taksi. 

"Begitu juga dengan hotel, restoran, dan sebagainya," ujar mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati M Qosim mendampingi Menhub melakukan kunjungan kerja ke Bawean. Bandara Bawean berlokasi di Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Pemerintah Kabupaten Gresik menargetkan bandara beroperasi pada awal 2016.

Bandara masih memerlukan pembangunan seperti fasilitas alat navigasi, peralatan terminal penumpang, pagar runway, dan lampu runway. 


(RRN)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

57 minutes Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA