Kalsel Siap Panen Padi Sekitar 540 Ha

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 23 Sep 2015 19:34 WIB
kementan adselnino
Kalsel Siap Panen Padi Sekitar 540 Ha
Ilustrasi. (FOTO ANTARA/Asep Fathulrahman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan daerah rawa lebak terluas di Kalimantan Selatan (Kalsel), di mana Polder Alabio (sistem irigasi terbesar) memiliki lahan sawah terluas.

Kepala Badan Litbang Pertanian Muhammad Syakir mengatakan berdasarkan pantauan pihaknya, Polder Alabio yang mengairi lahan rawa seluas 6.000 hektare (ha) hanya bisa ditanami padi sawah 3.000 ha. Dari 3.000 ha lahan sawah terdiri dari lahan rawa lebak dangkal seluas 900 ha dan sisanya 2.100 ha lebak tengahan.

"Saat El Nino lahan sawah di rawa lebak tengahan yang biasanya tanam sekali menjadi tanam dua kali. Bahkan sebagian lahan rawa lebak dalam pun yang biasanya tidak bisa ditanami, menjadi bisa ditanami," ujar Muhammad Syakir saat ditemui di  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2015).

Dirinya menambahkan saat ini lahan sawah rawa lebak di polder alabio ada tambahan luas tanam 2.500 ha akibat El Nino. Sedangkan untuk padi yang siap panen sekitar 540 ha dengan perkiraan panen bertahap dari tanggal 29 September hingga 13 Oktober 2015.

"Lahan sawah siap panen meliputi Desa Hambuku Hulu 35 ha, Hambuku Raya 100 ha, dan Hambuku Pasar sekitar 90 ha," kata Syakir.

Adapun teknologi yang disiapkan Badan Litbang Pertanian di Polder Alabio antara lain varietas inpari, inpara, ciherang, dan mekongga. Selain itu juga ada pengelolaan air, pemupukan berimbang, dan pengendalian hama tikus.

Sekadar info, Kalimantan Selatan merupakan daerah dengan lahan sawah rawa lebak cukup luas saat El Nino yaitu mencapai 181.600 ha. Sedangkan dalam iklim normal hanya mencapai 153 ribu ha.


(AHL)