Ibadah Haji Simbol Keberhasilan Ayah Mendidik Anak

Dheri Agriesta    •    Kamis, 24 Sep 2015 09:15 WIB
idul adha
Ibadah Haji Simbol Keberhasilan Ayah Mendidik Anak
Salim Assegaf Al-Jufri. (MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Khatib Salat Idul Adha Masjid Sunda Kelapa Salim Segaf Al-Jufri menyebut ibadah haji merupakan simbol keberhasilan seorang ayah dalam mendidik dan menggembleng putranya. Penyembelihan hewan kurban yang diselenggarakan setiap tahun merupakan momen yang menggambarkan ketabahan seorang ayah dan pengabdian seorang anak.

"Penyembelihan hewan kurban menjadi puncak dalam ibadah haji di Makkah dan dilaksanakan kaum muslim seluruh dunia. Ini adalah momen abadi untuk menggambarkan tentang keteguhan seorang Ibrahim dan kepasrahan pengabdian seorang Ismail," kata Salim dalam khutbahnya di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/9/2015).

Peristiwa ini, kata Salim, dapat terjadi karena pendidikan yang diberikan nabi Ibrahim kepada nabi Ismail. Salim menambahkan, pendidikan harus memiliki tujuan untuk membentuk karakter sebuah generasi seperti karakter nabi Ismail.

Setidaknya, kata dia, ada empat sifat yang melekat dalam diri anak dari Nabi Ibrahim itu. Ismail merupakan anak yang bertauhid dan berserah diri kepada Allah SWT. Dengan pendidikan yang diberikan, seorang anak diharapkan dapat mengenal dan mengakui keberadaan Allah SWT.

Selain itu, Ismail merupakan sosok yang istiqamah. Sosok Ismail ini menjadi bukti, pendidikan yang diberikan kepada anak dapat menjaga hubungan antara seorang hamba dan Tuhan secara terus-menerus tanpa berkurang sedikitpun.

Ismail juga merupakan anak yang konsisten. Ia akan melakukan apa yang telah ia janjikan dengan lapang dada. Salim menambahkan, sosok Ismail juga cukup sabar dalam menerima ujian yang dialamatkan kepadanya.

"Keempat, Ismail merupakan anak yang sabar dan pantang menyerah dalam menjalani berbagai jenis ujian dalam kehidupannya, tidak mengeluh dalam mendapat ujian dan kesulitan, dan tidka mudah terlena saat mendapat kegembiraan," pungkas Salim.

Salim juga menambahkan, pendidikan harusnya dimulai dalam lingkungan terkecil masyarakat, yakni keluarga. Sebab, keluarga merupakan lingkungan terdekat dalam kehidupan seseorang.

"Alquran mewanti wanti orang beriman agar menunaikan kewajiban mereka dalam rumah tangga terutama yang nenyangkut pendidikan dan peringatan. Sehingga mereka dapat menyelamatkan diri dan keluarga mereka dari api neraka," jelas Salim.

Sebelumnya, salat Idul Adha dilaksanakan sekitar pukul 07.00 WIB. Jamaah Masjid Sunda Kelapa telah memenuhi lokasi salat Id sedari pukul 06.30 WIB. Salat pun ditunaikan dengan khusyuk dan khidmat.


(MEL)

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

12 minutes Ago

Bos PT Delta Energy dan toko buku Gunung Agung, Made Oka diperiksa KPK selama tujuh jam soal ka…

BERITA LAINNYA