Uni Eropa Sepakat Salurkan Rp14 Triliun untuk Pengungsi

Willy Haryono    •    Kamis, 24 Sep 2015 10:22 WIB
imigran gelap
Uni Eropa Sepakat Salurkan Rp14 Triliun untuk Pengungsi
Presiden Uni Eropa Donald Tusk. (Foto: AFP / JOHN THYS)

Metrotvnews.com, Brussels: Uni Eropa sepakat menyalurkan meningkatkan bantuan, termasuk dana USD1 miliar atau Rp14 rriliun, untuk pengungsi di beberapa negara tetangga Suriah via agensi PBB. 

Hal tersebut diputuskan dalam rapat darurat pengungsi di Brussels, Belgia, Rabu (23/9/2015). Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengaku terkejut karena dialog berjalan lebih tenang dari perkiraan. 

Sejak krisis keimigrasian terbaru muncul, sejumlah negara Eropa bersitegang karena tidak bersedia menampung pengungsi. 

"Malam ini, kami semua memiliki satu pemahaman bahwa kita tidak bisa lagi seperti dulu," ujar Tusk dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip AFP

"Ini adalah momen simbolik. Saya sangat yakin kami semua telah berhenti saling menuding," sambung dia.

Dana bantuan Rp14 triliun akan disalurkan Uni Eropa ke agensi pengungsian dan makanan PBB untuk pengungsi di area sekitar Suriah. 

Para petinggi Uni Eropa juga sepakat meningkatkan bantuan kepada Turki, Lebanon dan Yordania serta beberapa negara Balkan yang kerap dilalui imigran dan pengungsi. 

Presiden Prancis berjanji memberikan 100 juta euro untuk pengungsi dalam dua tahun ke depan, sementara Perdana Menteri Inggris David Cameron akan menyalurkan 100 juta poundsterling.


(WIL)