Review Smartphone

Coolpad Star F103, Desain Menawan, Bagaimana Performanya?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 25 Sep 2015 11:05 WIB
review gadget
Coolpad Star F103, Desain Menawan, Bagaimana Performanya?
Coolpad Star f103

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Coolpad mungkin masih asing di telinga konsumen Indonesia. Namun, perusahaan asal Tiongkok ini bukanlah pemain baru di industri teknologi komunikasi.

Mulai berkecimpung di bidang perangkat komunikasi sejak 1993 melalui pager dan feature phone, Coolpad kemudian merambah pasar smartphone sejak 2009 dan memasuki pasar Indonesia sejak 2014, Coolpad kembali hadir dengan smartphone Star f103 dengan desain tipis dan tampilan stylish.
 

Desain

Dari segi desain, Star f103 tampil stylish dan mewah, berkat penggunaan casis berbahan sapphire glass mengkilat. Tampilan bergaya Star juga didukung desain tipis dengan ketebalan 5,9 mm yang diusungnya. Namun, seperti pada bahan mengkilat lain, Star juga tidak terlepas dari permasalahan mudah kotor oleh noda sidik jari.

Star hadir dengan desain sederhana, bergaris tegas namun dengan sudut membulat, menghadirkan kenyamanan saat disimpan di saku celana.



Meski memperindah tampilannya, desain tipis yang diusungnya sedikit menimbulkan ketidaknyamanan saat digenggam, terutama dengan satu tangan. Desain sederhana terlihat dari minimnya tombol fisik di sekiling bodi perangkat.

Anda hanya akan menemukan tombol fisik daya dan volume di sisi kanan bodi, sementara tombol tiga menu utama di bawah layar menggunakan tombol sentuh kapasitif. Anda juga dapat menemukan jack audio 3,5 mm di sisi atas perangkat, sedangkan port USB dan speaker terletak berdampingan di sisi bawah.
 

Software & Antarmuka

Menyasar kelas menengah, Coolpad Star f103 hadir dengan sistem operasi Android 4.4.4 KitKat dan antarmuka khusus buatan Coolpad, Cool UI. Antarmuka Cool UI versi 6.0 ini hadir tanpa laci aplikasi, sehingga Anda dapat menemukan aplikasi pada beranda dengan mengusap layar ke kanan atau ke kiri.

Tampilannya sederhana dan rapi, dengan ikon besar dan berjajar empat baris, serta berwarna berkat tema yang disediakan Coolpad. Tampilannya yang sederhana menjadikan antarmuka ini mudah untuk digunakan.

Coolpad Star f103 hadir dengan bekal aplikasi bawaan dalam jumlah sedikit, membantu memperingan beban memori yang ditanggungnya. Selain jajaran aplikasi Google dan peralatan khas smartphone Android, Sky f103 berbekal aplikasi bawaan Coolpad, yaitu CoolShow, RockWallpaper dan Lock Screen.

CoolShow berisi tema yang disediakan Coolpad, dengan berbagai pilihan wallpaper kaya warna, untuk beranda dan lockscreen serta gaya pembuka kunci. Sedangkan RockWallpaper memungkinkan Anda mengganti wallpaper beranda dengan menggerakan ponsel, dan Lock Screen memungkinkan mengunci layar dengan satu sentuhan.
 

Kamera & Video

Bekal 8 MP pada kamera belakang Coolpad Star cukup mampu menghadirkan hasil foto yang baik. Pada kondisi pencahayaan cukup, foto yang dihasilkan kamera belakang Star cukup tajam.



Sementara pada kondisi pencahayaan redup, foto yang dihasilkan cenderung hadir dengan noise yang cukup terlihat. Terlebih jika dikombinasikan dengan zoom. Namun, kondisi ini sedikit tertolong jika Anda menggunakan mode HDR yang melengkapi kamera Coolpad.



Hasil serupa juga didapati dari kamera depan Coolpad Star, dengan foto yang tergolong tajam pada kondisi pencahayaan cukup. Sementara pada pencahayaan redup, foto yang dihasilkan pun sedikit terganggu oleh noise.


Performa & Baterai

Menggunakan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 410 64-bit dan GPU Adreno 306, performa Coolpad Sky tergolong kurang memuaskan. Akibatnya, performanya terasa kurang saat melakukan browsing dan sekadar berpindah dari satu menu ke menu lainnya. 

Begitu pula saat memainkan game Frontline Commando. Lag sempat kembali terasa selama game dimainkan. Bahkan, game sempat terhenti dan harus diulang kembali.

Untuk urusan layar, Coolpad Star tampil baik. Tampilan layar IPS dengan luas 5 inci yang baik ini juga mendukung kesenangan menyaksikan konten multimedia. Namun, penggunaan layar di bawah paparan sinar matahari langsung sedikit kurang menyenangkan akibat layar yang reflektif.

Berdaya 2.000 mAh, Coolpad Star mampu bertahan selama hampir enam jam pada kondisi penggunaan cukup aktif, sedangkan pada kondisi penggunaan standar mampu bertahan selama lebih dari 10 jam.




 

Kesimpulan

Tampil menawan dalam hal desain dan antarmuka yang sederhana dan rapi, sayangnya kurang terdukung oleh performa yang memuaskan. Ditawarkan seharga Rp2.999.000, smartphone ini sesuai untuk pengguna yang mementingkan gaya, namun hanya membutuhkan performa yang cukup untuk kegiatan komunikasi dan game ringan.
 
 
Coolpad Star F103
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 Quadcore 1,2 GHz, 64-bit
RAM 1 GB
OS Android 4.4 KitKat, CoolUI 6.0
GPU Adreno 306
Memori Internal 8 GB
Kamera Belakang 8MP, Depan 5 MP
Dimensi 142 x 71 x 5,9 mm
Bobot 110 gram
Baterai 2.000 mAh
Layar 5 inci, IPS 1.280 x 720
Konektivitas GSM: 900/1800/1900 MHz
WCDMA:900/2100 MHz
LTE:1800/2100/2600 MHz
Harga  Rp2.999.000
 

Coolpad Star F103

 

8

  • Desain Menawan dan stylish
  • Antarmuka sederhana dan rapi
  •  
  • Performa kurang memuaskan
  • Layar sedikit reflektif



(ABE)