Pencipta 'All About That Bass' Kesal Hanya Dapat Rp82 Juta dari Streaming

Agustinus Shindu Alpito    •    Jumat, 25 Sep 2015 10:42 WIB
meghan trainor
Pencipta 'All About That Bass' Kesal Hanya Dapat Rp82 Juta dari Streaming
Meghan Trainor dalam klip All About That Bass. (Foto:ew.com)

Metrotvnews.com, Tennessee: Kabar ini jadi bukti bahwa industri streaming musik sudah membawa dampak baik bagi para penulis lagu. Meski seringkali yang didapat dirasa kurang sesuai ekspektasi.

Kevin Kadish, pencipta lagu All About That Bass yang dipopulerkan Meghan Trainor mendapatkan GBP3.700 atau sekitar Rp82 juta lantaran lagu itu diputar 178 juta kali di berbagai layanan streaming musik.

“Saya belum pernah dengar penulis lagu komplain soal royalti radio sebanyak komplain royalti streaming. Ini isu yang nyata bagi kami, satu juta (kali lagu diputar di layanan streaming) setara dengan USD90,” kata Kadish dalam diskusi yang digelar di salah satu universitas di Tennessee, Amerika Serikat, seperti dilansir dari NME, Jumat (25/9/2015).

Kadish merasa apa yang diraihnya itu tidak sebanding dengan lagu yang telah diciptakannya.

“Itu lagu yang besar dan raihan yang besar dalam karier si pencipta lagu dan (lagu itu menjadi) nomor satu di 78 negara. Tetapi Anda hanya menghasilkan GBP3.700. Bagaimana Anda bisa memberi makan keluarga Anda?” keluh Kadish.

Awal pekan ini, penyanyi asal Inggris, La Roux, berkicau di Twitter dengan mengatakan bahwa dirinya hanya mendapat GBP100 atau sekitar Rp2,2 juta dari Spotify dalam tiga bulan.


(LOV)