Tragedi Mina 2015

Paus Fransiskus Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi di Mina

Fajar Nugraha    •    Jumat, 25 Sep 2015 11:37 WIB
tragedi mina 2015
Paus Fransiskus Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi di Mina
Paus Fransiskus sampaikan belasungkawa atas tragedi Mina (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa atas tragedi yang terjadi di Mina. Tragedi itu menyebabkan 717 jiwa meninggal.

Berbicara di Katedral St.Patrick, New York, Amerika Serikat (AS), Paus berbicara tentang insiden terhimpitnya jemaah yang akan melakukan melempar jumrah di Mina.

Paus pun menyebutkan kedekatannya dengan umat Muslim menghadapi tragedi ini. "Saya ingin menyampaikan rasa kedekatan saya dengan mereka yang tengah menderita di Mekkah," ujar Paus, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (25/9/2015).

"Dalam momen ini, saya bersatu dengan kalian untuk berdoa kepada Tuhan," lanjutnya.

Menurut laporan terakhir, 717 jemaah haji telah tewas dan 850 terluka dalam konsentrasi massa di Mina. Pemerintah Saudi mengatakan bencana ini merupakan yang terburuk sepanjang 25 tahun terakhir.

Dari ratusan korban, empat di antaranya merupakan jemaah haji asal Indonesia. Sebanyak tiga korban dinyatakan wafat dan satu dalam kondisi kritis.

Saat ini Paus Fransiskus berada di Amerika Serikat dalam lawatan kenegaraan. Selama di New York, Paus  akan menjalani jadwal yang padat termasuk berbicara di Sidang Umum PBB, menghadiri peringatan 9/11 dan memberikan misa di Katedral St.Patrick.


(FJR)