Setelah dari Restoran, Gayus Mampir ke Tempat Lain

Meilikhah    •    Jumat, 25 Sep 2015 12:11 WIB
gayus tambunan
Setelah dari Restoran, Gayus Mampir ke Tempat Lain
Seorang wartawan memerlihatkan foto terpidana pajak Gayus Halomoan Tambunan yang beredar di media sosial, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/9)--Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Jakarta: Terpidana kasus penggelapan pajak, Gayus Tambunan kepergok asyik makan di restoran dan berfoto bersama dua orang perempuan. Selain mampir ke restoran, Gayus juga sempat mampir ke tempat lain.

"Menurut pemeriksa, mereka mampir di rest area karena alasan toilet, makan dan teknis kendaraan dinas," kata  Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan Dusak saat dikonfirmasi, Jumat (25/9/2015).

Menurut Wayan Gayus ke tempat lain setelah makan di restoran bukan hal yang penting. "Yang penting untuk saya bagaimana tidak terulang," terangnya.

Sementara, terkait sanksi yang akan diberikan kepada petugas lapas pendamping Gayus saat keluar tahanan, Wayan mengaku pihaknya hanya memberikan rekomendasi terkait sanksi. Sementara yang berhak memberi sanksi adalah Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

"Dirjen Pas hanya menyampaikan hasil pemeriksaan. Tapi kami tetap juga merekomendasikan untuk dijatuhi hukuman disiplin terberat dari yang teringan karena tidak melaksanakan tugas dengan baik, bukan sebagai inisiator," tukasnya.

Kepala Humas Dirjen PAS Akbar Hadi Prabowo membenarkan, Gayus Tambunan makan di restoran di bilangan Jakarta. Gayus berada di restoran tersebut untuk menunggu pengacaranya, usai menghadiri sidang perceraian di Pengadilan Jakarta Utara.

Akbar menambahkan, seharusnya ajakan Gayus tersebut ditolak oleh tiga petugas yang mendampingi Gayus menghadiri sidang cerai. Karena sesuai protap, Gayus harus kembali ke Lapas Sukamiskin.

Pada 9 September lalu, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia I Wayan Kusmiantha Dusak memberikan izin ke Gayus Tambunan keluar Lapas Sukamiskin Bandung. Izin tersebut diberikan untuk menghadiri sidang perceraian dengan istrinya, Milana Anggraini, di Pengadilan Agama Jakarta Utara. Saat ini Gayus menghuni Lapas Narkoba Gunung Sindur, Bogor.


(YDH)