Tim Pemenangan Copot Atribut Kampanye Rasiyo-Lucy

Amaluddin    •    Jumat, 25 Sep 2015 15:59 WIB
pilkada serentak
Tim Pemenangan Copot Atribut Kampanye Rasiyo-Lucy
Rasiyo-Lucy dan tim pemenangan menggelar doa bersama setelah KPU menyatakan pasangan tersebut melaju ke Pilkada Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), melarang keras pasangan calon peserta Pilkada Surabaya melakukan kampanye di luar jadwal. Menanggapi itu, tim pemenangan Rasiyo-Lucy Kurniasari langsung mencobot atribut bergambar pasangan tersebut dari sejumlah tempat.

Satu di antaranya baliho yang dipasang di sekitar posko pemenangan Rasiyo-Lucy di Jalan Flores Surabaya. Tim bergotong-royong mencopot baliho yang menampakkan gambar Rasiyo-Lucy dan bertagline 'SeRaSi' itu. 

"Berhubung Panwaslu melarang paslon dan tim untuk memasang atribut kampanye, kami akan mematuhi aturan yang ada," kata Sekretaris Tim Pemenangan Rasiyo-Lucy Kurniasari, Muhammad Reno Zulkarnain, Kamis (24/9/2015).

Namun, kata Reno, pihaknya tidak akan mencabut alat peraga selain yang dipasang timnya. "Atribut yang dipasang oleh relawan tidak akan kami cabut," katanya.

KPU menyatakan Rasiyo-Lucy lolos pendaftaran Pilkada Surabaya 2015. Rasiyo-Lucy menjadi pasangan penantang kandidat petahana Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana.

Panwaslu kemudian mengingatkan kedua pasang calon untuk tidak memasang atribut kampanye di luar jadwal. Menurut aturan KPU, jadwal kampanye di Pilkada Surabaya yaitu 27 September hingga 5 Desember 2015.

"Sanksi yang dijatuhkan jika melanggar kampanye bisa pidana, administratif, hingga pembatalan penetapan paslon," pungkas anggota Panwaslu Surabaya, M Safwan.



(RRN)