Menko Darmin: Perencanaan Impor Sapi Dimulai Awal 2016

   •    Jumat, 25 Sep 2015 16:13 WIB
impor sapi
Menko Darmin: Perencanaan Impor Sapi Dimulai Awal 2016
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan perencanaan impor sapi untuk pengadaan pasokan dalam setahun akan mulai dilakukan sejak awal tahun.

"Hal itu berlaku mulai 2016," kata Darmin, seperti dikutip Antara, seusai rapat koordinasi membahas impor sapi, di Jakarta, Jumat (25/9/2015), seraya menambahkan paling lambat awal tahun impor sapi akan dihitung dan diumumkan untuk satu tahun. "Ini agar perencanaannya (untuk impor) lebih baik," ucapnya.

Salah satu alasan keputusan impor dalam setahun diumumkan pada awal tahun, jelas Darmin, sebagai upaya mempermudah pengadaan transportasi kapal dan menekan biaya logistik yang selama ini membebani importir.

"Setelah diumumkan, silakan membuat perencanaan sendiri-sendiri agar bisa dapat (biaya) kapal yang lebih murah sehingga harganya juga lebih murah. Tidak seperti tahun ini, (keputusan impor) per kuartalan, akhirnya lebih mahal," jelasnya.

Terkait dengan keputusan negara asal impor, pemerintah akan memberlakukan sistem zona, bukan lagi spesifik dari negara tertentu, asalkan daging sapi yang diimpor bebas dari penyakit berbahaya kuku dan mulut.

Dalam kesempatan yang sama, Darmin memastikan dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan impor 10.000 ton daging sapi untuk pengadaan pasokan dari Selandia Baru, paling cepat sebelum berakhirnya 2015.

"Memang kelihatannya harus dijaga betul agar tidak kekurangan, akan ada impor daging dari New Zealand sebanyak 10.000 ton. Itu untuk bulan depan agar cukup, tetapi untuk bulan-bulan berikutnya akan dibicarakan lagi," pungkasnya.



(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA