BI Perkirakan Inflasi 0,06% di September 2015

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 25 Sep 2015 16:24 WIB
inflasi
BI Perkirakan Inflasi 0,06% di September 2015
Bank Indonesia (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi di September 2015 sebesar 0,06 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya atau secara month to month (mtm). Sedangkan dibandingkan tahun lalu, tingkat inflasi September 2015 diperkirakan sebesar tujuh persen.

"Masih 0,06 persen (inflasi September), tidak jauh dari situ. Year on year (yoy) masih sekitar tujuh persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Yudha Agung, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2015).

Menurutnya, angka tersebut terbilang rendah mengingat dipengaruhi oleh siklus yang rendah di akhir tahun. Namun demikian, BI masih terus berusaha untuk menjaga agar tingkat inflasi berada di level yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di waktu-waktu mendatang.

"Relatif dijaga di berbagai apakah itu harga komoditas, harga komoditas global juga turun, kemudian juga administed price tidak ada gejolak. Pass through dari pelemahan nilai tukar kelihatannya belum ditransmisikan ke konsumen," jelas dia.

Lebih dari itu, Yudha menambahkan, BI masih tetap optimistis jika target inflasi di akhir tahun ini masih sesuai dengan perkiraan yaitu sebesar 4 persen plus minus 1 persen. "Pokoknya inflasi terkendali. Tidak ada masalah dan akhir tahun diharapkan menjadi di dalam target BI, 4 persen plus minus 1 persen," pungkasnya.



(ABD)