Air Sungai Kotor, Warga Datangi Dinas Pengairan Kabupaten Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Jumat, 25 Sep 2015 18:36 WIB
lingkungan hidup
Air Sungai Kotor, Warga Datangi Dinas Pengairan Kabupaten Malang
Sungai Sumber Jeruk di Kabupaten Malang tercemar, MTVN - Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Sekelompok orang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Karangsuko memperjuangkan air bersih di aliran Sungai Sumber Jeruk Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mereka menilai air di sungai tersebut tak lagi bersih akibat pembangunan proyek Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) di lokasi tersebut.

Mereka mendatangi Dinas Pengairan Kabupaten Malang. Mereka menanyakan detail pembangunan embung yang mengotori sungai. Semen dan lumpur membuat sungai kotor sehingga warga tak bisa menggunakannya lagi untuk mandi dan minum.

"Kita akan tanyakan detail pembangunan ke Dinas Pengairan karena pengusul pembangunan Sumber Jeruk pada tahun 2012 berasal dari sana (Dinas Pengairan)," kata Mukhlis, perwakilan aliansi masyarakat, di Kantor Dinas Pengairan Kabupaten Malang, Jumat (25/9/2015).

Mukhlis dan masyarakat Karangsuko meminta kejelasan terkait dokumen AMDAL (Analisis Manfaat dan Dampak Lingkungan) dan Detail Enginering Desain (DED) proyek  pembangunan Kemen PU senilai Rp1,2 miliar di Sumber Jeruk.

"Sebelumnya kami sudah ke SNVT (Satuan Kerja Non Vertikel Tertentu) di Surabaya, namun mereka berkilah dan datanya tidak ada, katanya ada di Kediri, jadi kita bagi tugas untuk perjuangan ini," pungkasnya.



(RRN)