Pertamina Gandeng Swasta Investasi Storage & Pipa USD1,63 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 25 Sep 2015 18:59 WIB
pertamina
Pertamina Gandeng Swasta Investasi <i>Storage</i> & Pipa USD1,63 Miliar
Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro (ANTARA FOTO/Lucky R)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan menggandeng pihak lain untuk membangun storage Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pipa. Diperkirakan, investasi yang dibutuhkan dalam pembangunan ini mencapai USD1,63 miliar.

Vice President Comunication Pertamina Wianda Pusponegoro mengungkapkan, meski total investasi pembangunan storage BBM dan pipa tersebut dipegang sepenuhnya oleh Pertamina, namun Pertamina tetap membuka jalur kerja sama dengan pihak swasta.

"Memang USD1,63 miliar adalah total full investasi Pertamina. Ke depan kita sangat open untuk undang swasta. Tapi kami tetap sebagai pemimpin proyek," kata Wianda, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Wianda menjelaskan, untuk pembiayaannya, perusahaan pelat merah ini akan menyesuaikan dengan masukan dari pemerintah agar tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Dari segi pembiayaan kami harus sesuaikan dengan aspirasi pemerintah agar tidak bebani APBN," jelas Wianda.

Lebih lanjut rencana yang akan dilakukan Pertamina dalam waktu dekat ini adalah memetakan jalur pipanisasi di Pulau Jawa. Hal itu dilakukan lantaran demand (permintaan) kebutuhan BBM di Jawa sangatlah tinggi. Selain itu, Pertamina juga tengah mencari partner yang cocok untuk menjaga pasokan supply.

"Jadi kami sangat confident untuk bisa menggandeng partner. Kita sedang mapping. Nanti kita akan lihat. Karena kami memang ingin ber-partner yang bisa menjaga pasokan suplai. Pada intinya bottom line-nya adalah Pertamina ingin menjadi lead di proyek ini," pungkas dia.


(ABD)