Peran Tersangka HS dalam Kasus Dwelling Time

Meilikhah    •    Jumat, 25 Sep 2015 19:31 WIB
dwelling time
Peran Tersangka HS dalam Kasus <i>Dwelling Time</i>
Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Adi Toegarisman berpose sat difoto di ruang kerjanya di Kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kuningan, Senin (16/3). MI/IMMANUEL ANTONIUS

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Kejati DKI Jakarta Adi Toegarisman mengungkapkan peran tersangka HS dalam kasus dugaan korupsi dan TPPU dalam perkara dwelling time. Keterlibatan HS tertuang dalam berkas penyidikan yang diserahkan penyidik Polda Metro Jaya ke Kejati.

"Posisinya, HS ini dari Perusahaan PT Rekondisi Abadi Jaya. Dia memiliki Surat Persetujuan Impor. Dia ingin ubah SPI dari jumlah barang yang diimpor. Dia mau impor barang modal, bukan baru, itu mesin bekas. Dia ingin ubahnya dari sekian jadi jumlah sekian," kata Adi di kantor Kejaksaan Tinggi DKI, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2015).

Untuk mengubah jumlah harga, Adi mengatakan, HS harus mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian. Namun, HS tak melakukannya.

Dia lebih memilih mendatangi Dirjen Perdagangan Luar Negeri Partogi Pangaribuan. HS juga menyambangi bawahan Partogi, Kasubdit Fasilitas Ekspor dan Impor Ditjen Daglu Imam Aryanta.

"Setelah diubah SPI, tersangka HS menyerahkan uang melalui MSF sebesar Rp32 juta. Dengan mengubah SPI, tersangka serahkan uang Rp32 juta. Dari rangkaian pidana itu kami nilai itu penyuapan dengan barang bukti sekitar Rp32 juta," jelas Adi.

Dia menambahkan, kini Kejati masih menunggu berkas empat tersangka dwelling time lainnya yang belum diserahkan kembali penyidik Polda Metro Jaya. Dari sana nantinya akan diketahui peran masing-masing tersangka dalam kasus tersebut.

Sementera, Kejati DKI menyatakan berkas penyidikan tersangka HS dalam kasus dwelling time telah lengkap. HS siap dilimpahkan ke tahap dua sebelum masuk ke penuntutan.

 


(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA