Tabrakan KRL karena Lalai, Pembinaan Masinis Diperketat

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 25 Sep 2015 19:41 WIB
kecelakaan kereta
Tabrakan KRL karena Lalai, Pembinaan Masinis Diperketat
Petugas mengevakuasi orang dan barang di gerbong KRL yang tabrakan di Stasiun Juanda, Rabu 23 September 2015. Foto: MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memastikan tabrakan kereta rel listrik di Stasiun Juanda karena kelalaian manusia. Ke depan, KCJ akan memperbaiki prosedur pembinaan masinis.

Manager Communication PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan, hasil pemeriksaan tidak ada kesalahan teknis dan teknologi dalam kejadian itu. Kecelakaan murni kesalahan masinis.

"Ini masalah sumber daya manusia. Mungkin pembinaan masinis akan diperketat lagi. Itu pasti akan menjadi evaluasi internal," kata Eva saat dihubungi, Jumat (25/9/2015).

Terkait pengusutan kasus ini, KCJ menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian. Eva mengatakan, pihaknya akan menerima apa pun hasil penyelidikan penegak hukum.

"Kalau memang ada pelanggaran atau memang harus dikenakan hukuman, ya memang harus dihukum. Cuma perkara nanti hukumannya pidana atau hanya hukuman dari pihak kereta api seperti pemecatan dan sebagainya, ya itu masalah nanti," kata dia.

Kerata api 1156 relasi Jakarta Kota-Bogor menabrak kereta api 1154 tujuan Jakarta Kota-Bogor di jalur dua Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu 23 September, sekitar pukul 15.25 WIB. PT KCJ merilis 42 orang terluka dalam kejadian itu.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA