BKPM-KKP Kembangkan Industri Kapal Nasional Rp5 Triliun

Husen Miftahudin    •    Jumat, 25 Sep 2015 19:59 WIB
kapalbkpm
BKPM-KKP Kembangkan Industri Kapal Nasional Rp5 Triliun
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Noveradika

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sepakat untuk mengembangkan industri kapal skala nasional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing industri galangan kapal dalam negeri sehingga dapat bersaing dengan kapal produksi impor.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyebut, kerjasamanya dengan pihak KKP dengan mengembangkan industri kapal di hulu. Sebanyak industri 3.400 kapal akan dikembangkan dengan menggunakan anggaran negara mencapai Rp5 triliun.

"Kemarin kami koordinasi dengan Menteri KKP, ini akan diteruskan. Kementerian KKP dan BKPM sepakat untuk mengembangkan di hulu. Anggaran tahun depan sudah dianggarkan 3.400 kapal dengan nilai Rp5 triliun," kata Franky usai hadiri konferensi pers mengenai Investasi Terkait Bidang Perkapalan di kantor BKPM, Jalan Jenderal Gatot Subroto No 44, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2015).

Ia menambahkan, selain mengembangkan industri kapal nasional, pemerintah sepakat untuk pula mengembangkan industri maintenance (perawatan) dan repair (perbaikan) kapal. Menurut Franky, hal ini untuk mengembangkan industri galangan kapal agar tersebar ke luar Batam.

"Tadi disampaikan bahwa saat ini industri galangan kapal sangat sedikit yang mampu melakukan repair dan maintanance. Jadi kalau ini tersebar, akan memudahkan mereka melakukan maintanance dan repair," pungkas Franky.


(AHL)