Partai NasDem Minta Patrice Rio Capella Kooperatif

Wandi Yusuf    •    Jumat, 25 Sep 2015 20:07 WIB
kasus korupsi
Partai NasDem Minta Patrice Rio Capella Kooperatif
Patrice Rio Capella. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sehubungan dengan pemeriksaan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella, oleh KPK pada Rabu, 23 September 2015, Partai NasDem meminta yang bersangkutan kooperatif. Rio diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pemberian suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

"Partai NasDem menghormati proses hukum yang sedang dilakukan KPK," kata Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, Lestari Moerdijat, dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (25/9/2015).

Lestari mengatakan DPP Partai NasDem telah meminta Patrice Rio Capella untuk kooperatif, jujur, terbuka, transparan, dan terus terang menjawab pemeriksaan KPK. "Partai NasDem konsisten mengambil sikap tegas tanpa pandang bulu kepada siapa pun kadernya yang terlibat kasus hukum," kata dia.

Hal itu juga telah dilakukan DPP Partai NasDem terhadap mantan Gubernur Sulawesi Tengah, Bandjela Paliudju (Ketua Wantim DPW NasDem Sulteng), mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu (Anggota Wantim DPP Partai NasDem), dan O.C. Kaligis (Ketua Mahkamah Partai NasDem).

"Sebagaimana yang berlaku dan berjalan selama ini, partai NasDem akan memberhentikan atau mempersilakan yang bersangkutan mengundurkan diri jika terkena masalah hukum," katanya.

Lestari mengatakan Partai NasDem tetap berpegang pada komitmen sejak partai ini didirikan yaitu partai Gerakan Perubahan, Restorasi Indonesia, yang menjunjung tinggi moralitas, integritas, kejujuran, dan mewujudkan tegaknya hukum di Indonesia.

"Penjelasan ini diberikan untuk mempertegas sikap partai NasDem yang terbuka, transparan dan konsisten dalam setiap penegakan hukum," katanya.


(UWA)