DPR: Kerajaan Saudi Harus Jelaskan Tragedi Mina

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 25 Sep 2015 21:26 WIB
dpr ads
DPR: Kerajaan Saudi Harus Jelaskan Tragedi Mina
Jamaah haji dan tim penyelamat di antara korban meninggal tragedi Mina--Foto: AP/STR

Metrotvnews.com, Jakarta: Korban tragedi Mina dikabarkan masih simpang siur, bahkan diperkirakan jumlahnya kian bertambah. Pemerintah Saudi pun belum mengumumkan secara resmi asal negara korban.

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Dulay mengatakan, pemberitahuan tentang jumlah korban dan negara asalnya sangatlah penting. Terutama agar para keluarga jamaah haji ditiap negara merasa tenang. Menurutnya setelah delapan jam pasca kejadian, mestinya informasi tersebut sudah bisa didapatkan.

"Bahkan jenis kelamin para korban pun tidak disampaikan. Kalau beberapa hal tadi tidak diumumkan, ada kesan seolah ada yang ditutupi," tegas Saleh melalui pesan singkatnya, Jumat (25/9/2015).

Saleh menilai pemerintah Saudi memiliki tanggungjawab besar dalam menangani masalah ini. Bahkan sewaktu tim pengawas haji DPR mengunjungi lokasi lempar jumroh pada Kamis atau Jumat dini hari, ia bertemu denan jamaah haji dari berbagai negara. Banyak di antara mereka yang juga belum mengetahui jumlah korban dari negara asalnya. 

"Informasi yang mereka peroleh mengenai korban dari negaranya adalah atas usaha sendiri, bukan atas informasi resmi pemerintah Saudi ke misi haji sejumlah negara asal korban," tutup politisi fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).


(LHE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA