Gempa Bantul Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Merapi

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 25 Sep 2015 22:34 WIB
gempa
Gempa Bantul Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Merapi
Ilustrasi. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, I Gusti Made Agung Nandaka mengungkapkan gempa yang mengguncang Bantul, Yogyakarta, sekitar pukul 20.28 WIB tak memengaruhi aktivitas Gunung Merapi. Berdasarkan pengamatannya, tak ada peningkatan aktivitas gunung tersebut pascaterjadinya gempa.

"Masih landai, sampai saat ini belum kelihatan terpengaruh," kata Agung Nandaka, saat dihubungi, Jum'at (25/9/2015) malam.

Agung berkata, data kegempaan maupun visual di BPPTKG tak menunjukkan ada perubahan atau peningkatan pada aktivitas Merapi. Gunung Merapi, katanya, masih berstatus aman.

Agung meminta masyarakat tidak perlu khawatir perihal dampak gempa tersebut terhadap Gunung Merapi. "Saya rasa tidak perlu khawatir. Status merapi masih aktif normal," ujarnya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengabarkan gempa tektonik berkekuatan 4,6 skala Richter mengguncang Bantul, Yogyakarta. Pusat gempa terjadi di 12 kilometer barat laut Gunung Kidul.

"Skalanya kecil, tapi karena terjadi di darat, guncangannya cukup terasa oleh warga," kata Andi.

Andi mengatakan gempa berlangsung beberapa detik dan terjadi pada pukul 20.28 WIB. "Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini," kata Andi.


(UWA)