Menteri Marwan: Dana Desa Bisa Pulihkan Perekonomian Nasional

Wanda Indana    •    Jumat, 25 Sep 2015 23:17 WIB
dana desa
Menteri Marwan: Dana Desa Bisa Pulihkan Perekonomian Nasional
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, di Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Jakarta, Kamis (2/4). MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Marwan Jafar, optimis dana desa dapat memulihkan kondisi perekonominan nasional, khususnya desa. Dana desa, kata dia, sudah disebar dan diharapkan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di desa.

"Dana desa yang sudah diterima desa langsung digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur desa seperti jalan desa, irigasi, jalan usaha tani, sanitasi, embung, dan lainnya, hal ini besar sekali dampaknya terhadap pemulihan ekonomi desa yang tadinya ikut terkena imbas melambatnya perekonomian nasional," ujar Marwan dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Menurut dia, dampak positif dari proyek-proyek infrastruktur tersebut dapat langsung dirasakan masyarakat desa. Perekonomian desa akan pulih dan bergerak cepat karena berbagai aktifitas usaha ekonomi muncul dan berkembang.

"Selain menyerap langsung banyak warga desa yang bekerja di proyek-proyek infrastruktur desa, juga muncul berbagai kegiatan usaha ekonomi yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan proyek-proyek desa, seperti usaha material, usaha kuliner, usaha pakaian, jasa transportasi, dan usaha lainnya yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan proyek dan para pekerjanya" ungka dia.

Marwan mengaku tidak merisaukan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah penduduk miskin di perdesaan. BPS mencatat, penduduk miskin naik sebanyak 570 ribu orang pada Maret 2015 menjadi 17,94 juta orang dari sebelumnya 17,37 juta orang pada September 2014.

"Data tersebut bulan Maret sebelum transfer dana desa dari Pusat ke daerah, jadi saya optimis saat ini kondisinya pasti berbeda karena dana desa sudah diterima desa dan digunakan untuk membangun infrastruktur desa yang menyerap banyak tenaga kerja, menciptakan banyak peluang usaha, menggerakkan aktifitas ekonomi, meningkatkan daya beli dan kesejahteraan masyarakat desa," terang Marwan.

Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta BPS kembali menggelar survei. Dia yakin, jumlah penduduk miskin berkurang.

"Kita butuh data riil untuk mengetahui berapa persen perubahan positif yang ditimbulkan dana desa dalam perkembangan perekonomian desa, jadi ini akan menjadi masukan untuk evaluasi dan peningkatan kinerja dalam penggunaan dana desa dalam konteks pembangunan desa" pungkas Marwan.


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA