Skandal Korupsi FIFA

Jawaban Platini atas Dugaan Terima Uang dari Sepp Blatter

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 26 Sep 2015 04:52 WIB
fifa
Jawaban Platini atas Dugaan Terima Uang dari Sepp Blatter
Presiden UEFA, Michel Platini (Foto: AFP PHOTO / VALERY HACHE)

Metrotvnews.com, Nyon: Presiden UEFA dan kandidat Presiden FIFA, Michel Platini terseret dalam penyelidikan Kejaksaan Swiss terkait dugaan korupsi yang dilakukan mantan presiden FIFA, Sepp Blatter. Ia dituding menerima "uang haram" dari Blatter.

Tudingan ini dilontarkan pihak Kejaksaan Swiss usai mengumumkan secara resmi membuka investigasi soal penyelewengan dana yang dilakukan Blatter selama menjabat Presiden FIFA, pada Jumat 25 September 2015.

(BACA: Korupsi FIFA: Sepp Blatter Hadapi Pemeriksaan, Nama Michel Platini Terseret)

Dalam sebuah pernyataan, pihak Kejaksaan Swiss menyebut, Platini telah menerima uang sebesar 2 juta franc swiss atau setara Rp30 miliar dari Blatter pada 2011. "Uang haram" yang kemudian disebut pihak Kejaksaan Swiss dengan "disloyal payment" itu berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan Platini sebagai penasehat Blatter pada periode 1999 dan 2002.

Menanggapi tudingan tersebut, Platini langsung bereaksi. Legenda hidup sepak bola Prancis itu mengirimkan pernyataan resmi kepada sejumlah media yang isinya menerangkan bahwa uang "disloyal payment" itu bukan "uang haram", melainkan gaji yang diterimanya dan hal tersebut tertera dalam kontrak resmi dengan FIFA.

"Hari ini, saya dimintai keterangan oleh pihak berwajib Swiss terkait investigasi di tubuh FIFA. Saya selalu terbuka dan mendukung seluruh proses investigasi," ujar Platini dalam rilis pers.

"Mengenai uang yang saya terima, saya ingin menyatakan bahwa uang tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang saya lakukan dan tertera dalam kontrak dengan FIFA. Saya senang bisa mengklarifikasi semua ini kepada pihak berwenang," lanjutnya.

"Hari ini, saya juga memastikan kepada pihak berwenang Swiss, bahwa selama saya berada di Swiss, saya siap berbicara dengan mereka kapan pun dibutuhkan untuk kepentingan investigasi," tutupnya.

(BACA JUGA: FIFA Siap Bantu Kejaksaan Swiss Soal Penyelidikan Blatter)

Platini merupakan salah satu kandidat kuat calon pengganti Blatter dalam pemilihan Presiden FIFA pada 26 Februari 2016. Mantan bintang Juventus itu akan bersaing dengan Pangeran Ali Bin al-Hussein dari Yordania, presiden asosiasi sepak bola Liberia Musa Bility, dan yang terbaru dari pengusaha Korea Selatan, Chung Mong-joon. (Soccerway)


(ACF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA