Ribuan Warga Iran Protes Arab Saudi yang Tidak Becus Urus Haji

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 26 Sep 2015 08:48 WIB
tragedi mina 2015
Ribuan Warga Iran Protes Arab Saudi yang Tidak Becus Urus Haji
Protes warga Iran terkait tragedi Mina (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Teheran: Warga Iran menyuarakan kemarahannya atas kematian ratusan warga Iran yang meninggal akibat tragedi Mina di Mekkah.

Dalam protes tersebut warga Iran menyebut Pemerintah Arab Saudi tidak becus mengurus pelaksanaan haji. Kecaman juga diarahkan langsung kepada keluarga kerajaan. Demikian diberitakan Associated Press, Sabtu (26/9/2015).

Beberapa warga Iran yang turut protes membawa slogan berwarna hitam sebagai bentuk kesedihan mereka. Mereka juga meneriakan "Death to Al-Saud family" atau "Kematian untuk keluarga Al-Saud". Dinasti Al-Saud adalah dinasti yang menguasa Kerajaan Arab Saudi saat ini.

Iran selama ini dikenal sebagai rival bagi Arab Saudi. Setelah kejadian di Mina, mereka menyerang Arab Saudi yang dianggap bersalah atas tragedi itu.

Bahkan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei menilai Arab Saudi tidak becus mengatur ibadah haji. Padahal, lebih dari dua juta umat Muslim melakukan ibadah haji di Mekkah tiap tahunnya.

Menurut Pemerintah Iran, setidaknya 131 warga mereka meninggal dalam insiden Kamis (24/9/2015) itu. Sementara 85 orang lainnya dilaporkan dilaporkan terluka.

Pemerintah Arab Saudi mengatakan 719 calon haji meninggal saat berhimpitan dalam perjalanan menuju lokasi lontar jumrah. Tiga warga negara Indonesia juga dilaporkan meninggal dalam peristiwa tersebut.

Raja Salman langsung memerintahkan penyelidikan atas kejadian itu. Pihak Pemerintah Arab Saudi pun sempat menuduh para jemaah tidak disiplin dan akhirnya memicu tragedi ini.
 


(FJR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA