Asap Tambah Pekat, Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Lumpuh

tantawi jauhari    •    Sabtu, 26 Sep 2015 11:43 WIB
kabut asap
Asap Tambah Pekat, Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Lumpuh
Sejumlah penumpang tengah menaiki pesawat Lion Air rute Palangkaraya-Surabaya, di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Minggu (7/9/2014). Foto: MI/Surya Sriyanti

Metrotvnews.com, Palangkaraya: Bandara Tjilik Riwut, palangkaraya, Kalimantan Tengah, kembali lumpuh total akibat kabut asap yang semakin pekat. Jarak padang tercatat di bawah 50 meter.

Sebelumnya, aktivitas di bandara ini berjalan normal meski terjadi keterlambatan penerbangan. Namun, Sabtu 26 September 2015 ini, bandara lumpuh total. Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan gambut di sana sangat parah bila dibandingkan satu hari sebelumnya.

Pantauan Metro TV, di Bandara Tjilik Riwut tidak ada penerbangan. Biasanya pagi hari dua pesawat tujuan Palangkaraya-Jakarta dan Palangkaraya-Surabaya berangkat sesuai jadwal.

Karena tidak ada penerbangan, para penumpang banyak yang membatalkan keberangkatan. Mereka bergerak menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun, ada juga penumpang yang masih menunggu di bandara hingga ada kepastian penerbangan.

Yupinus, calon penumpang, mengaku sudah menunggu sejak pukul 06.00 Wita di bandara. Dia berencana berangka ke Jakarta. Namun, hingga siang ini, tidak satu pun pesawat yang mendarat di sana. "Saya berharap kabut asap menghilang dan kondisi kembali normal sehingga aktivitas warga tidak terganggu," kata dia.


(UWA)