Kemarau, Lahan Pertanian di Bangkalan tak Bisa Ditanami

Agus Josiandi    •    Sabtu, 26 Sep 2015 12:38 WIB
pertanian
Kemarau, Lahan Pertanian di Bangkalan tak Bisa Ditanami
Sawah di Indramayu mengalami puso, Ant - Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Bangkalan: Puluhan hektare lahan pertanian tanaman padi mengalami puso alias gagal panen di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Sementara ratusan hektare lahan sawah telantar dan tak bisa digarap. Tak ada tanaman yang bisa ditanam di lahan tersebut.

"Dampak kemarau panjang  banyak dirasakan oleh para petani di Bangkalan, kami mencatat sedikitnya 62 hektare tanaman padi gagal panen yang diakibatkan kekurangan air," terang Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), Abd Razak, Sabtu  (26/9/2015).

Razak mengatakan kondisi itu terjadi di beberapa wilayah di Bangkalan seperti Kecamatan Blega, Kwanyar, Burneh, dan Socah. "Sementara untuk lahan pertanian tegal di wilayah kecamatan Klampis, Kokop, Geger, Tanjung Bumi, Arosbaya, serta Kecamatan Sepuluh selama musim kemarau ini telantar para petani tidak bisa menggarapnya karena tidak ada air," ujarnya.

Razak mengatakan tak ada pasokan air ke lahan pertanian. Sehingga di musim kemarau, tanaman apapun tak bisa ditanam di lahan tersebut.

"Meskipun diganti umbi-umbian atau singkong jika sudah kemarau seperti ini semua tanaman pertanian akan gagal panen, karena yang paling utama untuk pertanian adalah air," pungkasnya.
 


(RRN)