Udara Berbahaya, Belasan Balita Dirawat di RS di Palangka Raya

tantawi jauhari    •    Sabtu, 26 Sep 2015 13:29 WIB
kabut asapkebakaran hutan
Udara Berbahaya, Belasan Balita Dirawat di RS di Palangka Raya
Kabut asap menyelimuti Sungai Barito, Kalteng - Antara - Kasriadi

Metrotvnews.com, Palangka Raya: Kualitas udara di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), memburuk setelah asap muncul dari kebakaran hutan dan lahan. Belasan anak dan balita pun harus mendapat perawatan medis karena terkena infeksi saluran pernapasan akut(ISPA).

Legas, bocah berusia satu tahun, terus menangis saat menjalani perawatan di RSU Doris Silvanus di Palangka Raya. Legas merupakan satu dari 12 pasien ISPA berusia balita yang dirawat di rumah sakit tersebut.

RSU Doris Silvanus mengatakan merawat 112 pasien ISPA. Rata-rata mereka mengalami asma, diare, dan paru-paru bronkopemonia. Mereka harus mendapatkan rawat inap secara berkala.

Dalam sebulan terakhir, kualitas udara di Palangka Raya berada di level udara. Jumlah pasien meningkat hingga 40 persen.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kalteng menetapkan status kejadian luar biasa terhadap kasus ISPA. Sehingga pasien rawat jalan dan inap mendapat pengibatan gratis di Puskesmas serta rumah sakit.

"Rata-rata, pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit berusia 1 hingga 4 tahun," kata Kabid Humas RSU Doris Silvanus, dokter Theodorus.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng mencatat 7.350 kasus hingga pekan ketiga September. Jumlah penderita ISPA akibat asap dari kebakaran lahan mencapai 35.128 kasus di 13 kabupaten dan kota. Data itu didapat mulai dari Juli hingga September 2015.




(RRN)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA