Kemenkumham Beri Sanksi Berat 32 Petugas Lapas Nakal

Githa Farahdina    •    Sabtu, 26 Sep 2015 13:51 WIB
pemasyarakatan
Kemenkumham Beri Sanksi Berat 32 Petugas Lapas Nakal
Menkumham Yasonna Laoly---Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di bawah pimpinan Yasonna H Laoly tak main-main memberi sanksi kepada petugas lapas nakal. Bobrok yang menjadi rahasia umum ini membuat Menkumham murka dan menjatuhkan sanksi tegas pada pelaku.

"Juni kemarin ada 111 petugas sudah disanksi ringan, sedang dan berat. Yang berat sudah 32 petugas per Juni. Kesungguhan Kemenkumham untuk perbaikan menjadi komitmen," kata Juru Bicara Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Akbar Hadi di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2015).

Pelanggaran petugas lapas diketahui kerap terjadi di lapas besar, salah satunya Nusakambangan. Menteri Yasonna tak mau kecolongan lagi. Ia ingin memantau sendiri pergerakan di lapas yang sering digunakan sebagai lokasi eksekusi mati itu.

"Perilaku keluar masuk, sekarang pun di ruang kerja menteri sudah bisa melihat situasi kunjungan di Nusakambangan," tambah Akbar.

Dengan begitu, jelas Akbar, perilaku petugas lapas dan narapidana bisa langsung diawasi. Kemenkumham meminta dukungan publik untuk memahami sistem semacam ini belum bisa disempurnakan dalam waktu singkat.

Ke depan, kata dia, pengembangan sistem pengawasan diharapkan bisa meminimalisasi perilaku curang dan godaan gratifikasi untuk petugas. Supaya narapidana tak bisa bebas melakukan apa yang diinginkan.


(TII)