Presiden Jokowi Hadiri Panen Raya di Karawang

Anggitondi Martaon    •    Minggu, 27 Sep 2015 08:18 WIB
Presiden Jokowi Hadiri Panen Raya di Karawang
Presiden Joko Widodo saat memantau salah satu sentra padi nusantara -- MI

Metrotvnwes.com, Karawang: Presiden RI Joko Widodo  dijadwalkan akan melakukan panen raya padi Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, pagi ini. Presiden akan didampingi oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk memanen padi jenis baru.

Pihak keamanan yang terdiri dari Paspampres, TNI dan Polisi sudah melakukan pengamanan. Setiap sudut di sekitar lokasi dijaga ketat, selain itu setiap orang yang akan memasuki lokasi acara harus melalui pemeriksaan. Penanggung Jawab UPSUS Jawa Barat, Banun Harpini mengatakan acara akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. 

"Presiden dan Menteri Pertanian akan panen raya di sini. Acara mulai jam 10 pagi," kata Banun saat ditemui di Desa Cikarang, Karawang, Minggu (27/9/2015). 

Luas lahan yang akan dipanen hari ini 110 hektar (ha). Sebanyak 65 hektar di antaranya menggunakan benih unggul IPB 3S yang produktivitasnya mencapai 9,4 ton gabah kering giling (GKG) per hektarnya. 

"Produktivitas IPB 3S 9,4 ton per hektar dengan benih IPB 3S. di atas rata-rata produktivitas di Jabar yang hanya 6,12 ton GKG/ha," ungkap Banun.

Melalui hasil panen yang telah dilakukan terhadap benih IPB 3S, Banun mengungkapkan Kementan akan memperluas penggunaan benih  yang dikembangkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut.

Selain produktifitasnya yang tinggi benih unggul ini juga tahan kemarau, cocok untuk kondisi el nino seperti saat sekarang. Oleh karena itu, Kementan telah meminta IPB untuk menambah penyediaan benih IPB 3S ini.

"(IPB 3S) Ini akan diperluas untuk tanam berikutnya. Kita minta IPB percepat penyediaan benihnya. Prioritas untuk Jawa Barat," ujar Banun.
(SUR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA